25 radar bogor

Spanyol Dihantui Kegagalan Edisi 17 Tahun Silam

Luis Enrique

RADAR BOGOR – Eksperimen entrenador Spanyol Luis Enrique yang memainkan Alvaro Morata bersamaan dengan Gerard Moreno terbukti manjur.

Sebab, Spanyol berhasil pecah telur di Euro 2020. Gol Morata juga lahir melalui assist Gerard. Tetapi, kritikan terhadap Spanyol bukannya surut. Malah semakin besar.

Pemicu utamanya, La Furia Roja –julukan Spanyol– gagal menang melawan Polandia. Sebelumnya, mereka juga seri kontra Swedia pada matchday pertama grup E (15/6).

Dua hasil yang membuat posisi Spanyol tertahan di peringkat ketiga. Mereka juga dihantui teror gagal lolos fase knockout.

Kali terakhir Spanyol mengalaminya terjadi pada edisi 2004. Kala itu, Spanyol yang dilatih Inaki Saez finis di posisi tiga dengan empat poin.

Itu hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah. Identik dengan saat ini, Spanyol ketika itu juga kesulitan mencetak gol. Mereka hanya mencetak dua gol dalam tiga matchday. Lebih baik satu gol dari saat ini.

Untuk hal tersebut, Lucho –sapaan Enrique– harus menemukan solusi lainnya. Sebab, meski sudah memainkan Morata dan Gerard secara bersamaan, tetap saja lini depan jadi biang. Itu dipicu kegagalan Gerard mengeksekusi hadiah penalti pada menit ke-58.

Sepakannya membentur tiang gawang sebelah kanan bawah kiper Polandia Wojciech Szczesny. Apesnya, Morata yang sebenarnya sudah berada di posisi pas untuk menyambut bola rebound, eksekusinya juga melenceng.

Satu-satunya yang bisa dibanggakan Spanyol adalah mereka jadi tim dengan penguasaan bola terbanyak di dua matchday dengan 81 persen.

Nah, Spanyol dituntut bukan sekadar harus menang kontra runner-up Slovakia pada matchday pemungkas (24/6). Mereka juga harus mencetak banyak gol.

Sebab, jika seri lagi, satu-satunya harapan adalah melalui peringkat ketiga terbaik. Dan, diferensiasi gol berperan krusial.

”Kami masih berpeluang jadi pemuncak grup jika mengalahkan Slovakia. Kemenangan saja sudah cukup bagi kami untuk lolos ke fase knockout,” ujar Enrique kepada Marca. (io/c13/bas)