25 radar bogor

PPDB Jenjang SMP Dibuka Rabu, Disdik Siapkan 5.600 Kursi

Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Kota Bogor 2021 dibuka pada Rabu (23/6/2021). Pelaksanaan PPDB sendiri akan dilakukan di 20 SMP Negeri secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi menuturkan, untuk pelaksanaan PPDB tingkat SMP terbagi dua tahap. Pertama dikhususkan bagi pendaftar melalui jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Kemudian, perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru dan tenaga kependidikan. Serta, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19. Terakhir, melalui jalur prestasi akademik dan non akademik.

“Untuk tahap pertama ini pendaftaran dibuka dari Rabu sampai Sabtu (23-26/6). Dan pengumuman akan disampaikan Rabu (30/6),” ungkap Hanafi.

Sedangkan, untuk tahap kedua khusus bagi pendaftar melalui jalur zonasi, akan dibuka mulai Selasa hingga Jumat (6-9/7).
Sedangkan, untuk pengumumannya sendiri dilakukan Senin (12/7).

Mantan Kepala Bappeda Kota Bogor itu menjelaskan, total ada sebanyak 5.600 kursi yang disiapkan bagi calon siswa tingkat SMP di Kota Bogor. Di mana, jumlah ini terbagi untuk 20 SMP Negeri yang ada di Kota Bogor.

Adapun rincian ke-5.600 kursi itu terdiri bagi pendaftar melalui jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus (ABK) sebanyak 1.109 siswa.

Hanafi menambahkan, perpindahan tugas orang tua/wali, maslahat guru dan tenaga kependidikan sebanyak 271 siswa.
Kemudian, jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 sebanyak 173 siswa.

Selanjutnya, prestasi akademik dan non akademik sebanyak 1.093 siswa. Serta, jalur zonasi sebanyak 2.954 siswa. “Kami berharap orang tua murid sudah menyiapkan beberapa persyaratan PPDB yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

“Seperti KK satu tahun sebelumnya, KTP orangtua, surat tanggungjawab mutlak orang tua dan kepala sekolah serta beberapa persyaratan khusus lainnya (sesuai jalur yang dituju),” tukasnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin