Beranda Bogor Raya Pemkab Bogor Siap Cetak 150 Petani Milenial

Pemkab Bogor Siap Cetak 150 Petani Milenial

ILUSTRASI: Petani di Klapanunggal, Kabupaten Bogor saat memanen padi. Foto Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor berencana mencetak sebanyak 150 petani milenial tahun 2021 untuk mewujudkan perkonomian daerah yang berdaya saing dan berkelanjutan di sektor pertanian.

“Kita sudah lakukan upaya tersebut, salah satunya dengan pengembangan pos penyuluh pedesaan. Kita harapkan bermunculan petani milenial,” kata Bupati Ade Yasin, Senin (21/6/2021).

Sejauh ini, Pemkab Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) mencatat, ada sebanyak 18 kelompok tani yang tergolong sebagai petani milenial.

universitas nusa bangsa bogor

“Kita berharap jumlahnya terus bertambah, dengan target melahirkan petani milenial sebanyak 300 orang pada tahun 2022 dan 450 orang pada 2023,” harapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, bakal memberikan jaminan kepada para petani dengan mengalokasikan anggaran sekitar Rp900 juta untuk program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2021.

“Jadi kartu asuransi tani merupakan program sinergi antara Pemkab Bogor dengan Kementerian Pertanian. Bahkan, ada sekitar 25.000 hektar sawah yang akan digarap dengan anggaran tersebut,” tuturnya.

Sementara, itu, Sekretaris Umum Himpunan Peternak dan Petani Milenial Indonesia (HPPMI), Saeful Ramadhan mengaku, menyambut baik rencana dari Pemkab Bogor dalam menarik minat bertani para kaum milenial.

“Karena milenial itu mestinya sudah adaptif terhadap teknologi kekinian. Sehingga mampu mendorong sektor pertanian lebih baik lagi,” tutupnya.(nal)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Alpin