25 radar bogor

Gempa Pangandaran Dirasakan di Berbagai Wilayah

RADAR BOGOR – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 magnitude pada pukul 08:56 WIB, Senin (21/6/2021) mengguncang Kabupaten Pangandaran.

Analisa BMKG mencatat, episenter terletak pada koordinat 8.41 LS dan 107.88 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 104 km Barat Daya Kabupaten pada ke dalaman 10 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam lempeng eurasia.

Lebih lanjut ia mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dapat dirasakan di wilayah Banjar, Ciawi, Cidolog, Cienam, Cipatujah, Cisompet, Pamarican, dan Pangandaran dengan Skala Intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Ia menambahkan, hingga pukul 09:25 WIB BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Hendro mengimbau, masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*/pin)