Beranda Pendidikan Termasuk Kota Bogor, Ini Daerah yang Tunda PTM Akibat Kasus Covid-19 Melonjak

Termasuk Kota Bogor, Ini Daerah yang Tunda PTM Akibat Kasus Covid-19 Melonjak

simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang diuji coba di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15, Senin (31/5/2021). Humas Pemkot Bogor for Radar Bogor

JAKARTA-RADAR BOGOR, Laju penyebaran Covid-19 terus meningkat dalam sepekan terakhir ini. Termasuk di Kota Bogor, sehingga membuat rencana untuk melaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di beberapa wilayah terancam mengalami penundaan.

Salah satu wilayah yang memutuskan untuk menunda adalah Provinsi DKI Jakarta. Di mana Dinas Pendidikan DKI Jakarta membatalkan uji coba PTM akibat kasus Covid-19 yang masih belum terkendali.

“Untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di lingkungan Satuan Pendidikan, maka kegiatan pembelajaran akan dilakukan secara daring atau belajar dari rumah, sampai ada keputusan lebih lanjut,” jelas Kadisdik DKI Nahdiana dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (20/6).

universitas nusa bangsa bogor

Penundaan tersebut juga berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 759 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 39 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Tingkat Rukun Tetangga.

Sebelumnya, Disdik DKI telah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka secara terbatas mulai tanggal 7 April 2021–29 April 2021 terhadap 83 satuan pendidikan mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan lembaga kursus termasuk satuan pendidikan kerja sama dan internasional.

Peserta didik, pendidik, serta para orang tua peserta didik tanpa ada kendala ataupun kasus positif Covid-19.

Uji coba dilanjutkan dengan penambahan sebanyak 143 satuan pendidikan yang telah dinyatakan lulus asesmen, pelatihan, dan telah dilakukan vaksinasi Covid-19 bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Uji coba dengan 143 satuan pendidikan tersebut sebelumnya direncanakan untuk dimulai pada tanggal 9 Juni 2021–24 Juni 2021.

Adapun selain DKI Jakarta, berikut wilayah yang berpotensi membatalkan PTM terbatas, antara lain:

1. Daerah Istimewa Yogyakarta (resmi ditunda)
2. Kabupaten Cianjur (rencana ditunda)
3. Kota Bogor (uji coba dibatalkan)
4. Kabupaten Bandung (rencana ditunda)
5. Kota Surabaya (rencana ditunda)
6. Kota Cimahi (rencana ditunda)
7. Kabupaten Sragen (uji coba ditunda)
8. Kabupaten Sleman (ditunda)
9. Kabupaten Purwakarta (rencana ditunda)

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin