Beranda Metropolis Selama Ganjil-Genap, 9.079 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Selama Ganjil-Genap, 9.079 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Penerapan ganjil genap di Kota Bogor.

RADAR BOGOR – Ribuan berbagai jenis kendaraan bermotor, sejak Sabtu (19/6) hingga Minggu (20/6) dipaksa putar balik oleh petugas selama dua hari penerapan sistem ganjil-genap di Kota Bogor.

Berdasarkan data petugas, pada hari pertama sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB ada 4.603 kendaraan yang diputar balik  dengan rincian 1.711 kendaraan roda empat dan 1.632 kendaraan roda dua.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari lima check point yang tersebar di Kota Bogor. Sedangkan pada hari kedua, sebanyak 2.197 kendaraan roda dua dan 2.279 kendaraan roda empat yang diputar balik.

universitas nusa bangsa bogor

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, berdasarkan pantauan tim di lapangan, kendaraan yang diputar balikan dibandingkan terjadi penurunan dimana untuk kendaraan turun tiga persen dan roda empat turun dua persen. “Total 9.079 kendaraan yang diputar balik selama dua hari,” ucapnya.

Susatyo mengatakan, penerapan ganjil-genap yang diberlakukan sebagai upaya agar tidak terjadi kerumunan masyarakat di pusat Kota Bogor.

Penerapan ganjil-genap saat ini tidak memberikan tindakan denda adminitrasif atau sosial. Namun, ke depannya pihaknya akan mengevaluasi hasil ganjil-genap yang diberlakukan selama dua hari ini.

“Senin nanti kami evaluasi, apakah pekan depan akan kita berlakukan lagi, kita perpanjang lagi atau tidak, sekaligus dengan sanksi,” ujar Susatyo, Minggu (20/6).

Susatyo menjelaskan, dalam penerapan ganjil genap kelima check poin itu yakni Simpang Baranangsiang, Air Mancur, Jembatan Merah, Simpang Empang dan Jalan Pajajaran (depan RM Bumi Aki).

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, kebijakan ganjil genap dan penyekatan tol ini targetnya bukan saja mengurangi mobilitas warga Kota Bogor.

Tetapi, menyampaikan pesan kepada warga Jakarta dan sekitarnya untuk berhitung dan memikirkan kembali apabila ingin mengunjungi Kota Bogor.(ded/c)