25 radar bogor

Para Mahasiswa STIE Dewantara Lakukan Ini di Cibunian

SIMBOLIS : Perwakilan Mahasiswa STIE Dewantara secara simbolis menyerahterimakan bak penampungan air pada warga Kampung Mura, Desa Cibunian, Minggu (20/6/2021). (Hendi/ Radar Bogor)

RADAR BOGOR – Mengabdi ke masyarakat, para mahasiswa STIE Dewantara angkatan 31 membangun bak penampungan air untuk warga Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan.

Dosen Pengabdian Masyarakat STIE Dewantara, Syaiful Anwar mengatakan, sarana air bersih sangat dibutuhkan bagi 43 Kepala Keluarga (KK) yang kini tinggal di atas lahan hutan wakaf pasca rumahnya diterjang bencana alam pada 2015 lalu.

Menurutnya, bakti mahasiswa menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi seluruh anak didiknya. Hal itu, dilakukan untuk mempersiapkan para mahasiswa setelah lepas menuntut ilmu, lalu kembali ke masyarakat.

“Pengabdian ini merupakan bukti nyata para mahasiswa untuk bersiap diri kembali ke lingkungan masyarakat, selain sebagai upaya kami memberikan manfaat yang sebaik-baiknya pada warga,” ujarnya usai serahterima bak penampungan air pada warga Kampung Muara, Desa Cibunian pada Minggu, (20/6/2021).

Menurut Syaiful, air bersih merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Ketersediaannya amatlah penting, kata dia, baik untuk kebutuhan konsumsi maupun untuk aktivitas rumah tangga.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Cibunian, Hafiz mengapresiasi, bentuk kepedulian yang dilakukan mahasiswa di wilayahnya.

Dengan begitu, warganya dapat dengan mudah mengakses air bersih sebagai haknya manusia.

“Saya berharap kesulitan warga bisa teratasi yang sebelumnya harus mengambil air hingga ke lereng gunung kini air tersebut sudah bisa dialirkan ke rumah warga,” pungkasnya.(cok/c)