Beranda Bogor Raya Lurah Nanggewer Buka Bank Sampah

Lurah Nanggewer Buka Bank Sampah

Kelurahan Nanggewer di Kecamatan Cibinong ini baru saja membentuk Bank Sampah unit Kelurahan yang bertempat di Kantor Kelurahan Nanggewer.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kelurahan Nanggewer membuka bank sampah. Ya, bank sampah ini untuk mengelola sampah menjadi berkah. Jajaran Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor ini baru saja membentuk Bank Sampah unit Kelurahan bertempat di Kantor Kelurahan Nanggewer pada 20 April 2021.

“Kami berharap bank sampah ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat Kelurahan Nanggewer akan masalah sampah, mengurangi tumpukan sampah di pinggir jalan/sungai juga mengurangi potensi rawan banjir,” kata Lurah Nanggewer, Eva Fauziah.

Menurut Eva, wilayah Nanggewer merupakan salah satu wilayah yang sering terkena banjir. Permasalahan sampah tidak bisa hanya mengandalkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor dengan armada pengangkut sampahnya.

wisuda unpak bogor

“Semua lapisan masyarakat harus ikut peduli dengan persoalan ini, dan salah satu yang bisa kita lakukan ialah berpartisipasi dengan kegiatan Bank Sampah ,” jelas Eva.

Lebih jauh Eva menjelaskan bank sampah merupakan salah satu solusi untuk mengelola sampah non organik sejak dari sumbernya (rumah tangga) yang dikelola secara kolektif dan sistematis sehingga manfaatnya bisa dirasakan kembali oleh sumbernya (nasabah Bank Sampah). Sedangkan untuk sampah organik diarahkan untuk pembuatan pupuk kompos melalui lubang biopori di sekitar pekarangan rumah.

“Bank Sampah kelurahan yang baru terbentuk ini memiliki tagline Berkah Melimpah (Bersama Kurangi Sampah menuju lingkungan Aman tanpa Sampah) untuk menginsiprasi dan memotivasi masyarakat Kelurahan Nanggewer,” tegasnya.

Pengelola bank sampah ini yakni aparatur sipil negara (ASN) Kelurahan Nanggewer dan Tim Penggerak PKK Kelurahan Nanggewer yang melayani nasabah di seluruh wilayah Kelurahan Nanggewer.

Sehingga diharapkan Bank Sampah ini dapat menjadi media sosialisasi di seluruh RW se-Kelurahan Nanggewer dan kedepannya diharapkan setiap RW memiliki Bank Sampahnya sendiri.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Camat Cibinong Kabupaten Bogor. Kepala Dinas Lingkungan Hidup memberikan bantuan dua unit tempat sampah untuk Bank Sampah Berkah Melimpah.(*/unt)