25 radar bogor

UNB Kembangkan Kurikulum KKNI 4.0 Demi Mendukung MBKM

KOMPAK : Berfoto bersama di sela workshop.

RADAR BOGOR – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Nusa Bangsa (UNB) kembali melaksanakan workshop, Kamis (17/06). Kegiatan tersebut dalam rangka pengembangan kurikulum KKNI 4.0 untuk mendukung merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Workshop kedua ini, terkait dengan SPADA Indonesia dan Learning Management System (LMS) dalam mendukung perkuliahan daring. Workshop dibuka Rektor UNB, Yunus Arifin, yang dilanjutkan sambutan Dekan FMIPA Lany Nurhayati.

Kegiatan dilaksanakan oleh program studi Biologi dan Kimia pada ruangan terpisah di Hotel Horison Bogor.

Rektor UNB, Yunus Arifin menyampaikan, pentingnya pengetahuan dan keterampilan dosen dalam menjalankan perkuliahan daring.

“Hal ini, terkait juga dengan kondisi pandemi saat ini yang masih belum memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, sehingga kita dituntut untuk mampu melaksanakan perkuliahan daring,” ujarnya.

Sebagai narasumber pada workshop kali ini, Dosen Ilmu Komputer, Universitas Pakuan, Aries Maesya. Menurutnya, dosen sebagai fasilitator memiliki tantangan dalam pembelajaran daring ini yaitu menciptakan jiwa kreativitas dan kemandirian mahasiswa dalam belajar.

Penggunaan LMS dan SPADA dapat membantu terlaksananya pembelajaran daring yang lebih tersistem dan dapat di akses secara umum, sehingga mendukung pembelajaran dengan program MBKM. MBKM membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil beberapa perkuliahan sesuai bidang yang diminati di program studi lain ataupun universitas lain.

Workshop MBKM kedua ini juga dihadiri Wakil Rektor 1 Tun Susdiyanti dan Kepala BAAK Linar Humaira. Workshop dilanjutkan dengan rapat kerja kurikulum masing-masing prodi yang dipimpin oleh Kaprodi Biologi, Nia Yuliani dan Kaprodi Kimia, Dian Arrisujaya. (adv/mahdi)