25 radar bogor

Ini Jadwal Live TV Portugal vs Jerman, Misi Hapus Kutukan

Gestur kapten Portugal Cristiano Ronaldo setelah golnya ke gawang Serbia pada injury time tidak disahkan wasit di kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin (28/3). (Pedja Milosavljevic / AFP)
Cristiano Ronaldo. (foto : Pedja Milosavljevic / AFP)

RADAR BOGOR – Laga seru tersaji di Grup F Euro 2020 pada Sabtu (19/6) malam WIB. Portugal yang tengah dalam kepercayaan diri tinggi menghadapi Jerman yang pada laga pertama kalah dari Prancis. Duel sengit dihelar di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman.

Bagi Portugal, duel melawan Jerman sudah ditunggu dan kali ini tim asuhan Fernando Santos tersebut menargetkan kemenangan. Tambahan tiga poin akan membuat Cristiano Ronaldo cs melangkah ke babak 16 besar.

Momennya saat ini terbilang tepat karena motivasi Portugal tengah meninggi usai kemenangan 3-0 atas Hungaria pada laga pertama. Sementara, Jerman masih berusaha kembali menemukan ritme terbaik setelah dikalahkan Prancis.

Selain itu, kemenangan juga akan menghapus kutukan atas Jerman. Maklum saja, Portugal seolah mati kutu setiap bertemu Jerman di turnamen resmi. Tercatat, sejak 2006, Portugal selalu kalah dari Jerman ketika bersua di ajang resmi.

Pada 2006, Portugal kalah 1-3 dari Jerman dalam perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2006. Kemudian, pada 2008, Portugal disingkirkan Jerman dengan skor 2-3 di babak perempat final Euro 2008.

Selanjutnya di Euro 2012, Portugal kalah 0-1 dari Jerman di fase Grup B. Terakhir, pada Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil, Portugal kembali mati kutu di tangan Jerman. Di fase grup G, Portugal menyerah 0-4 dari Jerman.

Kemenangan terakhir Portugal atas Jerman di turnamen resmi terjadi di Euro 2000. Kala itu, di fase grup, Portugal menggunduli Jerman dengan skor 3-0 lewat hat-trick Sergio Conceicao.

Di satu sisi, Jerman memang dalam fase menurun. Terlebih, Manuel Neuer cs baru saja kalah dari Prancis. Namun, Jerman punya senjata lain yakni pada diri pelatih Joachim Loew.

Maklum saja, termasuk sewaktu menjadi asisten pelatih Juergen Klinsmann dari 2004-2006, Loew sudah 4 kali menghadapi Portugal dalam turnamen besar. Dari empat kali pertemuan itu, Jerman selalu meraih kemenangan. Tentunya ini menjadi modal bagi Jerman untuk menghidupkan asa lolos ke 16 besar.

Laga panas antara Portugal kontra Jerman disiarkan langsung oleh RCTI, Sabtu (19/6), pukul 23.00 WIB. (jpc)

Grup F
Portugal vs Jerman
Stadion Allianz Arena
Sabtu, 19 Juni 2021, pukul 23.00 WIB
Live RCTI & Mola TV