Beranda Pendidikan PPDB Tingkat SD, Orang Tua Ramai-ramai Daftar Jalur Zonasi

PPDB Tingkat SD, Orang Tua Ramai-ramai Daftar Jalur Zonasi

Pendaftaran siswa baru di Kota Bogor

BOGOR- RADAR BOGOR, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap II untuk tingkat SD sementara berlangsung. Banyak orang tua yang antusias mendaftarkan anak-anaknya melalui jalur zonasi yang dibuka hingga Sabtu besok (19/6).

Sejumlah orang tua juga mulai berdatangan ke beberapa sekolah pilihan. Mereka berbondong-bondong ingin mendaftarkan anaknya masuk ke sekolah di kelurahan masing-masing.

Sebut saja di SDN Kampung Sawah, Kota Bogor. Salah seorang panitia PPDB, Annisa Sholihah mengakui para orang tua sengaja memilih pendaftaran pada tahap kedua. Sedangkan, tahap pertama sebelumnya sama sekali tak ada pendaftar. Oleh karena itu, pihaknya baru disibukkan dengan urusan PPDB di hari pertama jalur zonasi ini.

universitas nusa bangsa bogor

“Pendaftar pas hari pertama (Kamis) lumayan banyak. Kalau hari ini kayaknya tidak terlalu banyak. Tapi, pendaftaran kan masih dibuka sampai 19 Juni (besok). Kemungkinan masih akan bertambah lagi,” ucap mahasiswi semester akhir Unpak ini.

Kapasitas rombongan belajar untuk sekolah itu menydiakan kuota dua kelas. Setiap kelas maksimal 28 peserta didik. Itu artinya, seleksi ketat bakal berlangsung untuk sistem pendaftaran melalui jalur zonasi.

Ditambah lagi, kuota peserta didik luar kota untuk di sekolah dialokasikan 10 persen.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi mengakui, jumlah pendaftar di jalur zonasi memang selalu lebih banyak. Kecenderungan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di lokasi yang tak jauh dari tempat tinggal. Itu sekaligus untuk memudahkan pengawasan selama pandemi masih mewabah.

“Yang jelas dengan porsi 78 persen zonasi untuk SD, kita berasumsi akan tersaring dengan sendirinya (para calon siswa di sekolah masing-masing). Justru yang repot nanti SMP, karena terbatas jumlahnya (sekolah),” ungkapnya. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto