25 radar bogor

Sasar Penumpang KRL, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi Daerah Aglomerasi Jabodetebek  

Jokowi) meminta pemerintah melakukan percepatan vaksinasi daerah aglomerasi Jabodetebek.
Jokowi meminta pemerintah melakukan percepatan vaksinasi daerah aglomerasi Jabodetebek.

BOGOR-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah melakukan percepatan vaksinasi daerah aglomerasi Jabodetebek. Salah satu sasarannya, penumpang KRL yang dinilai rentan menjadi pembawa (carrier) Covid-19.

Hal itu dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mendampingi Jokowi meninjau proses vaksinasi di Stasiun Bogor, Kamis (17/6/2021).

Bima mengatakan, presiden meninjau pemberian vaksin kepada pengguna kereta api juga petugas terkait layanan kereta api dan komunitas. Jumlahnya total 1.500 yg akan dilakukan dalam waktu dua hari.

Presiden menekankan dua hal, pertama adalah pengguna layanan transportasi baik kereta, bus dan lain-lain. “Karena sangat rawan dan sangat riskan terpapar pengguna transportasi lintas wilayah,” kata Bima.

Setiap harinya sekira 100.000 masyarakat Bogor hilir mudik melalui jasa commuterline di area Jabodetabek. Hal itu menyebabkan potensi tinggi para penumpang KRL menjadi carrier pembawa virus Covid-19.

Sementara itu, Kadinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno menjelaskan, rata-rata penumpang carrier ini orang tanpa gejala dan ketika sampai rumah tidak secara sengaja menularkan virus ke orang rumah.

“Memang klaster terbanyak di Kota Bogor disumbang dari klaster keluarga, hanya saja setelah dibedah banyak orang rumah tertular dari orang yang berpergian atau imported case,” ungkap Retno.

Untuk itu, vaksinasi di area publik transportasi sangat penting. Hanya saja, Retno mengakui ketika ada satu orang yang terpapar covid-19 sangat sulit untuk melakukan penelurusannya, lantaran orang yang biasa berpergian sulit mendeksi dimana ia terpapar.

“Jadi program vaskinasi ini penting dan salah satu pencegah penularan covid-19, selaian protokol kesehatan dengan ketat,” tambahnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin