Beranda Internasional Jamin Misi Berjalan Lancar, Ini yang Dilakukan Pasukan Indonesia di Lebanon

Jamin Misi Berjalan Lancar, Ini yang Dilakukan Pasukan Indonesia di Lebanon

Pemeriksaan berkala kendaraan tempur operasi pasukan Indonesia dalam misi pemeliharaan perdamaian di Lebanon. (IST)

ADCHIT AL QUYASR-RADAR BOGOR, Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-O/UNIFIL melaksanakan pemeriksaan perlengkapan atau Contingent Owned Equipment (COE) Operational Readiness Inspection (ORI) TW II, di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Kamis (17/6/2021).

Pemeriksaan oleh Tim COE/ORI UNIFIL dilaksanakan setiap Triwulan yang berlangsung selama dua hari, sejak Rabu (16/6/2021) kemarin.

Inspeksi tim COE/ORI UNIFIL ini didampingi langsung oleh Wadansatgas Yonmek XXIII-O/Unifil Letkol Inf Dani Indrajaya dan Kasilog Indobatt Mayor Kal Anggie Andriyanto selaku penanggung jawab seluruh materil.

wisuda unpak bogor

Tim Inspeksi COE/ORI UNIFIL ini dipimpin oleh Mr. Vlodimyr Olekha beserta 11 personil lainnya yang memiliki spesialisasi dibidang khusus masing-masing.

Tujuan dari COE/ORI UNIFIL ini adalah untuk mengetahui unit yang melaksanakan misi perdamaian di Lebanon Selatan. Memiliki kesiapan operasional sesuai standar yang telah ditetapkan, terutama terkait dengan major equipment atau perlengkapan inti sesuai MoU, dalam hal ini Indonesia dengan UNIFIL dan self sustainment atau perlengkapan tambahan.

Dalam hal ini, inspeksi major equipment dan perbekalan sendiri atau self sustainment yang dibagi dalam beberapa bagian. Antara lain COE/ORI bidang komunikasi, bidang teknik, bidang persenjataan dan bidang akomodasi.

Kemudian bidang perlengkapan prajurit, bidang kesejahteraan, bidang kendaraan transportasi, MTO, bidang kesehatan dan bidang pemadam kebakaran .

Chief of COE ,Vlodimyr Olekha menyampaikan evaluasi atas hasil inspeksi timnya kepada Satgas Yonmek XXIII-O/UNIFIL terhadap kesiapan dalam mendukung kegiatan operasional.

“Secara garis besar Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-O/UNIFIL dapat menampilkan perlengkapan dengan baik walaupun ada beberapa poin yang perlu diadakan pemeliharaan, perawatan serta perbaikan untuk ke depan,” ujarnya.

Sementara Wadansatgas Yonmek XXIII-O/UNIFIL, Letkol Inf Dani Indrajaya mengucapkan terima kasih atas kehadiran serta masukan yang diberikan. “Ini berguna untuk peningkatan operasional ke depannya. Kepada seluruh personel Satgas Yonmek XXIII-O/UNIFIL yang telah menampilkan secara maksimal untuk pelaksanaan COE/ORI TW II ini,” jelasnya. (*/rur)