Beranda Metropolis Satu Terduga Teroris Diringkus di Bogor Utara, Camat: Memang Warga Kami yang...

Satu Terduga Teroris Diringkus di Bogor Utara, Camat: Memang Warga Kami yang Kesehariannya Jual Bahan Kimia

Ilustrasi Penangkapan Teroris.

BOGOR-RADAR BOGOR, Camat Bogor Utara, Marse Hendra Saputra langsung melakukan penelusuran paska penangkapan salah satu warganya yang menjadi terduga teroris di Jalan Gandaria, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Senin (14/6/2021).

“Hasil penelusuran kami dilapangan dari RT/RW benar ada kegiatan penangkapan dan penggeledahan, penggerebekan dari pihak kepolisian,” ujar Camat kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Marse menjelaskan, warga yang diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri merupakan warga Kecamatan Bogor Utara yang tinggal di RT 04/13.

universitas ibn khaldun uika bogor

Warga tersebut diamankan karena diduga bagian dari jaringan teroris. “Itu kami tidak bisa menyikapinya karena kami hanya bisa menyampaikan bahwa yang bersangkutan benar warga kita,” ucapnya.

Marse menyebut, di rumah tersebut terdiri dari satu orang laki-laki, satu orang perempuan yang merupakan pasangan suami istri, serta dua orang anak.

Saat ditanya usaha pelaku yang diamankan, Marse menyebut pelaku memang kesehariannya menjual bahan kimia. “Sehari-hari yang bersangkutan memang melaksanakan usaha jual beli bahan kimia,” ucapnya.

Marse mengatakan, mulanya tidak ada kecurigaan yang mengarah pada jaringan teroris, sehingga pada saat dilakukan pengamanan warga sekitar banyak yang kaget. “Yang pasti sih warga merasa kaget karena yang bersangkutan biasa sosialisasi, juga biasa saja normal normal saja,” katanya.

Untuk itu, Marse mengaku akan memperkuat aparatur wilayah, dan berencana mengumpulkan para lurah untuk memperingatkan RT/RW untuk bisa melihat warga pendatang.

“Apakah ada hal-hal yang mencurigakan, apakah ada hal lain untuk segera menyampaikan ke aparat baik kami di Kecamatan di kelurahan atau kan sekarang ada Polisi RW, bisa disampaikan kepada polisi rw kalau memang ada hal yg dicurigai,” katanya.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri kembali melakukan operasi penegakan hukum terhadap teduga teroris. Kali ini seorang terduga teroris berinisial KD alias AA ditangkap.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, AA ditangkap di wilayah Bogor, Jawa Barat. Dia terindikasi masuk dalam kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). “Iya, 1 orang terduga teroris jaringan JAD,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Selasa (15/6).

Ramadhan menuturkan, penangkapan kepada AA masih berkaitan dengan penangkapan sebelumnya. Namun, Ramadhan belum menjelaskan latar belakang kesamaan tersebut. “Iya ada kaitannya dengan penangkapan teroris sebelumnya,” imbuhnya.

Ramadhan meminta publik bersabar menunggu pernyataan resmi terkait kasus ini. Saat ini, penyidik masih melakukan pengembangan. “Entar dirilis pak Karo Penmas lengkapnya,” pungkasnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin