Beranda Bogor Raya Mengintip Kebun Anggur di Desa Dukuh, Ada 80 Jenis Dari Berbagai Negara

Mengintip Kebun Anggur di Desa Dukuh, Ada 80 Jenis Dari Berbagai Negara

Mengintip Kebun Anggur di Desa Dukuh, Ada 80 Jenis Dari Berbagai Negara

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Tak banyak ditemukan perkebunan Anggur di wilayah Kabupaten Bogor. Namun, ada satu kebun di Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang dengan puluhan jenis anggur baik dari lokal maupun import yang tumbuh subur.

Kebun milik Yudi Suheryudi seluas 2 ribu meter ini dipenuhi berbagai varietas anggur mulai dari Ninel, Julian, Harold, Jupiter dan puluhan jenis lainnya.

“Ada 80 varietas, diimport dari berbagai negara,” ungkap Yudi kepada Radar Bogor di kebunnya di Kampung Dukuh, RT 04/01 (15/6/2021).

universitas nusa bangsa bogor

Dari negara seperti Rusia, Turki, Australia dan negara-negara di Eropa lainnya dia dapatkan bibit buah sultan tersebut.

Yudi sendiri mulai berkecimpung di dunia per”anggur”an sejak 2020, setahun yang lalu. Menurutnya, budidaya anggur merupakan prospek yang cukup bagus di Bogor.

Asalkan menguasai teknik budidayanya, meskipun iklim di Bogor didominasi oleh hujan, namun anggur dapat tumbuh subur dan berbuah dengan rasa yang manis.

Apalagi, sambung pria kelahiran 1971 itu, bila pemerintah lebih serius dalam mendukung budidaya anggur, maka Indonesia bisa melebihi Eropa sebagai penghasil anggur terbaik.

“Di sana ada musim di mana anggur tidak bisa berbuah dalam tiga bulan, di Indonesia bisa berbuah sepanjang tahun,” jelasnya.

Yudi membeberkan, banyak komunitas yang di mana masyarakat dari berbagai kalangan berbagi pengetahuan tentang anggur. Yudi pun tergabung dalam satu komunitas tempat dirinya mendapatkan ilmu budidaya anggur.

Untuk sementara, Yudi hanya menjual berbagai jenis bibit anggur. Dan ketika musim berbuah, pengunjung yang datang ke kebunnya dapat menyicip rasa berbagai jenis anggur yang dipetik secara langsung.

“Bisa datang langsung ke kebun, umumnya setahun tiga kali berbuah,” tandasnya.

Reporter: Septi
Editor: Rany P Sinaga