Beranda Berita Utama Membeludak, Sehari 600 Pasien Covid-19 Masuk RSD Wisma Atlet

Membeludak, Sehari 600 Pasien Covid-19 Masuk RSD Wisma Atlet

Aktivitas di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta. (Hanung Hambara/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Viral sebuah video pendek yang memperlihatkan pasien Covid-19 mengantre panjang untuk mendapat ruang perawatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam video, para pasien bahkan harus menunggu sambil duduk lesehan di lantai.

Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet, Letkol Laut Muhammad Arifin membenarkan adanya antrean panjang ini. Kondisi ini terjadi karena jumlah pasien Covid-19 yang masuk ke Wisma Atlet jumlahnya membeludak. “Iya karena saking banyaknya (pasien yang datang),” kata Arifin saat dihubungi, Selasa (15/6).

Arifin menuturkan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin malam. Saat itu, pasien Covid-19 yang masuk ke Wisma Atlet mencapai 600 orang. Sehingga mereka harus tertumpuk di lobi pendaftaran.

wisuda unpak bogor

Para pasien tersebut baru bisa diurai hingga mendapat tempat perawatan pada dini hari tadi. Kondisi ini diharapkan menjadi pelajaran penting bagi masyarakat agar senantiasa menjaga diri dari paparan Covid-19.

“Emang begitu (antreannya) karena sudah nggak muat tempatnya jadi lesehan. Biarin saja, biar masyarakat tahu, nggak enak antri itu, terus sampai dini hari baru dapat kamarnya,” ucap Arifin.

Lebih lanjut, Arifin menuturkan, pada pagi tadi Wisma Atlet menyetop sementara penerimaan pasien, agar bisa disiapkan tempat tidur terlebih dahulu. Pada siangnya harinya, penerimaan pasien mulai dibuka kembali.

Kendati demikian, masyarakat diminta menyadari bahwa kondisi Wisma Atlet sudah hampir penuh. Sehingga upaya pencegahan tertular Covid-19 harus dilaksanakan semaksimal mungkin. “Ya intinya (ketersedian tempat tidur) sudah lampu kuning menjelang merah,” pungkas Arifin.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin