25 radar bogor

Cetak Gol Bunuh Diri dan Kartu Merah, Polandia Kalah

Pemain Slovakia merayakan kemenangan atas Polandia dengan skor 2-1. (Uefa.com)

RADAR BOGOR – Polandia yang diunggulkan saat meladeni Slovakia, Senin (14/6) malam WIB, justru harus menelan kekalahan. Slovakia mengatasi Polandia dengan skor 2-1 di Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia.

Kemenangan Slovakia itu diwarnai satu kartu merah untuk gelandang Polandia Grzegorz Krychowiak serta rekannya kiper Wojciech Szczesny yang mencetak gol bunuh diri.

Ketertinggalan akibat gol bunuh diri sempat dibalas Polandia melalui Karol Linetty, tetapi situasi 11 lawan 10 mampu dimanfaatkan Slovakia untuk berbalik ungguk lewat gol Milan Skriniar.

Pertandingan belum genap berlangsung 18 menit ketika Robert Mak melakukan aksi giringan menawan dari sisi sayap kiri serangan Slovakia dengan mengolongi Bartosz Bereszynski sebelum melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi Szczesny.

Bola terakhir mengenai pundak Szczesny sebelum melesak ke dalam gawang Polandia. Gol itu dinyatakan sebagai gol bunuh diri kiper Juventus tersebut.

Gol itu seolah memperpanjang nasib buruk Szczesny dalam penampilan di laga pertama Polandia di Euro tiga edisi beruntun, setelah menerima kartu merah melawan Yunani pada 2012 dan cedera kontra Irlandia Utara empat tahun kemudian. Menurut catatan Opta itu sekaligus merupakan kali pertama seorang kiper mencetak gol bunuh diri dalam pertandingan babak utama Euro sepanjang masa.

Keunggulan mampu dipertahankan Slovakia hingga turun minum, terlebih mereka tidak banyak direpotkan oleh para pemain Polandia.

Keadaan tampak berubah ketika Polandia langsung menggebrak di awal babak kedua lewat serangan pertama mereka yang segera berbuah gol penyama kedudukan oleh Linetty.

Usai kick-off babak kedua, Maciej Rybus mengobrak-abrik sisi kanan pertahanan Slovakia sebelum mengirimkan umpan tarik yang gagal disambut Robert Lewandowski, tetapi Linetty berada di posisi yang tepat untuk menyontek bola dan membuat skor imbang 1-1.

Namun, momentum kebangkitan itu harus kena pukulan telak ketika Krychowiak menjegal Jacub Hromada dari belakang sehingga wasit Ovidiu Hategan menghadiahi kartu kuning kedua dan Polandia harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-62.

Situasi 11 lawan 10 segera mampu dimanfaatkan oleh Slovakia, yang tujuh menit kemudian merestorasi keunggulan mereka melalui gol presisi Skriniar. Berawal dari sepak pojok yang di sundul Marek Hamsik, Skriniar melakukan satu sentuhan pengendalian gemilang sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang tak memberi kesempatan Szczesny melakukan penyelamatan. Slovakia unggul 2-1.

Dengan hanya 10 pemain, Polandia berjuang keras untuk setidaknya menyamakan kedudukan tetapi sepakan Tymoteusz Puchacz dan Lewandowski masih melenceng dari sasaran.

Satu peluang lain diciptakan oleh Karol Swiderski pada menit ketiga injury time, tetapi kiper Martin Dubravka dengan sigap mengamankan bola. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Slovakia tak berubah. (jpc)

Polandia 1-2 Slovakia
(Karol Linetty 46 – Wojciech Szczesny 18-og, Milan Skriniar 69)

SUSUNAN PEMAIN
Polandia (4-3-3): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Maciej Rybus (Puchacz 74); Karol Linetty (Frankowski 74), Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich (Moder 85); Kamil Jozwiak, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski (Swiderski 85)
Pelatih: Paulo Sousa

Slovakia (4-4-2): Martin Dubravka; Peter Pekarik (Koscelnik 79), Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan; Jurak Kucka, Jakub Hromada (Hrosovsky 79); Lukas Haraslin, Marek Hamsik, Robert Mak (Suslov 87); Ondrej Duda
Pelatih: Stefan Tarkovic