25 radar bogor

Apabila Jadi Presiden, Giring Ganesha: Saya Perjuangkan Kuliah Gratis!

 Giring Ganesha
 Giring Ganesha
 Giring Ganesha
Giring Ganesha

RADAR BOGOR – Calon Presiden RI 2024, Giring Ganesha, menyatakan akan menyediakan kuliah gratis untuk anak-anak Indonesia. Hal ini akan ia lakukan jika benar dirinya terpilih menjadi kepala negara.

“Setelah SD, SMP, SMA gratis, kini saatnya kuliah gratis. Ini saatnya kita membangun fondasi yang lebih kokoh untuk memastikan kemajuan negeri ini. Kuliah, bagi banyak orang tidak mampu dianggap sebagai sesuatu yang tidak terjangkau bahkan kemewahan,” ujar Giring dalam keterangannya, Selasa (15/6).

Menurut Giring, tidak akan ada uang yang terbuang sia-sia jika dibelanjakan untuk membekali anak-anak kita dengan kemampuan lewat kuliah gratis.

Karena kuliah akan mendorong anak-anak Indonesia berkembang lebih percaya diri dan memiliki kemampuan untuk mengejar cita-cita.

“Menambah motivasi mereka untuk meningkatkan kualitas diri. Memperkuat profil dan membuat anak-anak muda kita mendapat gaji atau pendapatan yang lebih baik. Semakin banyak anak-anak muda kuliah artinya masa depan akan lebih baik,” katanya.

Giring menegaskan, kuliah akan membawa anak muda menuju kesehatan lebih baik, memberdayakan, dan membekali mereka dengan kemampuan untuk bekerja.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menambahkan, anak-anak ini kelak, dalam 10 atau 20 tahun mendatang, akan menjadi profesional yang memperkuat perusahaan-perusahaan dan bersaing secara global.

“Kita tidak boleh menyia-nyiakan momentum. Ini saatnya kita menginvestasikan tenaga, pikiran, dan anggaran yang lebih banyak untuk membantu agar anak-anak muda kita bisa menikmati kuliah gratis. Ini alasan saya ingin menawarkan program kuliah gratis,” ungkapnya.

Giring juga mengutip kata-kata ekonom peraih Nobel, Amartya Sen, yang pernah mengatakan kemiskinan bukan cuma soal tidak ada uang, tapi lebih pada rendahnya kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam masyarakat. Orang yang pendidikannya tidak memadai, rentan jatuh kepada kemiskinan.

“Karenanya, dalam pandangan Sen, negara harus menyediakan kesempatan antara lain akses pendidikan, agar anak-anak bisa memaksimalkan kemampuan mereka agar bisa mencapai apa yang mereka inginkan dalam hidup. Anak-anak yang sehat dan cerdas adalah kunci kesejahteraan suatu negara,” pungkasnya. (jpc)