25 radar bogor

Agar Pengunjung Merasa Aman, Pelaku Usaha Wisata dan Hotel Diberikan Bimbingan Teknik

Anggota DPR RI Fahmi Alaydroes foto bersama saat mengikuti kegiatan bimtek di Hotel Bigland, Sentul. Selasa (15/6/2021). Hendi/Radar Bogor
Anggota DPR RI, Fahmi Alaydroes foto bersama saat menghadiri kegiatan bimtek di Hotel Bigland, Sentul. Selasa (15/6/2021). Hendi/Radar Bogor

BABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) kepada para pelaku usaha wisata dan hotel di Hotel Bigland Sentul, Kecamatan Babakanmadang, Selasa (15/6/2021).

“Jadi hari ini sedang dilakukan pelatihan kepada pengelola wisata dan hotel tekait penerapan CHSE agar pengunjung yang datang merasa aman,” kata Anggota DPR RI, Fahmi Alaydroes kepada wartawan ketika meninjau langsung Bimtek tersebut.

Anggota DPR dari Fraksi PKS tersebut menjelaskan, untuk membangun kepercayaan tempat yang dikelola siap didatangi wisatawan dari mulai kebersihan, keamanan, sampai lingkungan butuh kesiapan semua sektor.

“Jadi kenapa wisata tetap berjalan karena dimasa pandemi bisa berjalan untuk menggerakan ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pelatihan sendiri diikuti para pelaku wisata dan ekonomi kreatif lain dari berbagai wilayah serta beberapa perwakilan wisata besar seperti TSI pun hadir.

“Sebenarnya upaya Pemkab kearah kesana sudah cukup gencar, tetap nampaknya harus dikawal, salah satunya sertifikat bahwa daerah tersebut layak berdasarkan standar CHSE,” tegasnya

Habib (sapaan.red) mengaku, salah satu kontrolnya penerepan sertifikasi, dan bimtek pemberian pembekalan terhadap disetiap wisata, ketika diterapkan tentu ada penilaian dari pemerintah daerah.

“Untuk Hotel menengah keatas sudah menerapkan CHSE dan lebih mudah pengendaliannya, tapi wisata terbuka tentu harus diperkuat dan ditambahkan pelaksanaannya, apalagi wisata alam. Tapi yang lebih penting pengunjung lebih disiplin,” tutupnya.(nal)