Beranda Ekonomi Siap-siap Tambah Dua Proyek Hotel di Kota Bogor

Siap-siap Tambah Dua Proyek Hotel di Kota Bogor

Kepala DPMPTSP Kota Bogor, Firdaus

RADAR BOGOR – Pembangunan dua hotel di Kota Bogor, tercatat akan menjadi salah satu investasi berskala besar yang bakal menggenjot investasi pada tahun 2021.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Firdaus mengatakan, salah satu potensi investasinya yakni pengajuan pembangunan hotel di Kecamatan Bogor Tengah dan Bogor Timur.

“Sebelumnya proses izinnya terkendala karena RTRW belum ditetapkan,” ujar Firdaus, Minggu (13/6/2021).

universitas nusa bangsa bogor

Menurutnya dalam proses pembangunanya, aka nada alih fungsi yang semula menjadi apartemen berubah menjadi hotel. “Memang diperbolehkan sepanjang zonasi komersial,” ucapnya.

Firdaus menambahkan, semula konsep pembangunanya merupakan apartemen namun karena terbentur zonasi maka pengajuan perizinan untuk membangun hotel tidak diperkenankan.

Meski demikian, karena zonasinya kini sudah sesuai maka mereka mengajukan perubahan status tersebut. “Karena zonasinya boleh karena itu juga bisa menggenjot PAD dari sektor jasa dan perhotelan,” katanya.

Menurutnya, untuk beberapa pengajuan apartemen yang besar zonasinya berada di lingkup Bogor Raya, karena lokasinya sesuai dengan peruntukan.

Sedangkan, untuk wilayah lainnya belum ada karena dengan kondisi ekonomi yang belum stabil dan pandemi Covid-19 yang belum melandai, sehingga pengajuan permohonan pembangunan apartemen hingga saat ini belum ada.

Termasuk, pengajuan pusat perbelanjaan baru seperti mal masih nihil. “Belum ada karena memang belum melihat investor yang mengajukan mall, satu dari sisi zonasi akan berpengaruh,” tukasnya.(ded/c)