25 radar bogor

Pemkot Perpanjang Uji Coba Sekolah Tatap Muka hingga Akhir Juni

Jam Masuk Sekolah berubah imbas penutupan Jembatan Otista
Jam masuk sekolah di Kota Bogor berubah imbas penutupan Jembatan Otista.
simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang diuji coba di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 15, Senin (31/5/2021). Humas Pemkot Bogor for Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) bagi 37 sekolah untuk jenjang SMP di Kota Bogor diperpanjang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Hanafi mengatakan, perpanjang uji coba PTM dilakukan setelah evaluasi bersama unsur terkait bahwa PTM bagi 37 SMP diperpanjang hingga akhir Juni mendatang.

“Sudah dievaluasi tidak ada masalah,” ujar Hanafi, Senin (14/6/20201).

Sedangkan kebijakan PTM masih menyesuaikan dengan kebijakan sebelumnya.

Hanafi mengatakan, jumlah sekolah yang mengikuti belajar tatap muka tidak bertambah, yaitu sebanyak 37 sekolah terdiri 20 SMP negeri dan 17 SMP swasta.

Untuk evaluasi dilakukan setiap satu pekan sekali, sedangkan, hariannya dilakukan oleh pengawas dan puskesmas yang hadir di sekolah.

Menurutnya, total ada 73 sekolah termasuk jenjang SD yang sudah siap untuk melaksanakan PTM. Namun diputuskan sebanyak 37 sekolah yang masuk kriteria untuk melaksanakan PTM.

“Sudah banyak sekolah yang mengajukan untuk PTM, tapi kita akan verifikasi kesiapan mereka untuk PTM bulan Juli. Jadi kemungkinan bulan Juli bisa nambah,” kata dia.

Uji coba PTM bagi 37 sekolah jenjang SMP telah berlangsung sejak 31 Mei 2021. Namun, uji coba belajar tatap muka dilaksanakan secara bergiliran, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Dari 37 SMP, dibagi menjadi 9 sekolah setiap harinya.

“Jadi setiap hari, masing-masing ada 9 sekolah yang uji coba PTM selama 2 minggu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi.

Sistem pembelajaran tatap muka di sekolah secara bergilir ini untuk mencegah penularan Covid-19 dan memudahkan pengawasan petugas Satgas Covid-19 di setiap sekolah.

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga