Beranda Kesehatan Hilang Penciuman, Coba Latih Hidung dengan 7 Aroma Selama 20 Detik

Hilang Penciuman, Coba Latih Hidung dengan 7 Aroma Selama 20 Detik

RADAR BOGOR – Gejala anosmia atau kehilangan penciuman pada pasien Covid-19 membuat seseorang tak bisa mencium aroma apapun.

Tak hanya saat sakit, setelah dinyatakan sembuh pun sisa gejala ini masih ada dan bisa berbulan-bulan.

Untuk mengatasinya, melatih hidung diyakini lebih efektif daripada obat. Bagaimana caranya?

universitas nusa bangsa bogor

Anosmia dapat diobati secara medis. Ada juga strategi ampuh untuk melawannya di rumah. Dilansir dari Healthline, Senin (14/6), anosmia dapat bersifat permanen atau sementara. Gejala ini sering memudar secara bertahap dari waktu ke waktu, tanpa pengobatan atau intervensi. Namun, tidak diketahui jelas kapan atau apakah indra penciuman Anda akan kembali atau tidak.

Jika Anda ingin mempercepat prosesnya, ada beberapa perawatan yang bisa Anda coba di rumah.

“Penanganan kehilangan penciuman tergantung pada penyebabnya. Ada intervensi medis yang dapat membantu, serta perawatan di rumah,” kata Ahli THT pediatrik dan Asisten Profesor Klinis Otolaringologi dan Anak di Sekolah Kedokteran Thomas Jefferson Sidney Kimmel Nicole Aaronson, MD, MBA, CPE, FAAP, FACS.

Selain perawatan medis, Aaronson merekomendasikan strategi di rumah. Melatih penciuman diyakininya sebagai salah satu bentuk pengobatan yang andal.

“Dalam pelatihan penciuman, pasien mencium serangkaian, cobalah empat aroma kuat yang dapat ditemukan di rumah seseorang, atau dalam bentuk minyak esensial,” katanya.

“Setiap aroma bisa dihirup dengan lembut selama 20 detik. Proses ini diulang tiga kali sehari selama 6 minggu. Jangka panjang biasanya diperlukan untuk melihat efektivitas,” tambahnya.

Pelatihan penciuman mungkin paling efektif jika Anda melatih hidung dengan membaui empat aroma yang sama setiap hari ketimbang melakukannya bergantian. Anda juga disarankan untuk berkonsentrasi selama 20 detik saat melakukannya.

Untuk mencoba pelatihan penciuman, dr. Aaronson merekomendasikan untuk mencoba aroma berikut:

1. Kopi giling
2. Mawar
3. Jeruk
4. Kayu putih
5. Vanila
6. Cengkeh
7. Daun mint