Beranda Bogor Raya Ade Yasin : Pelayanan Dasar Masyarakat Harus Cepat, Tepat dan Akurat

Ade Yasin : Pelayanan Dasar Masyarakat Harus Cepat, Tepat dan Akurat

Ade Yasin saat melantik Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Bupati Bogor Ade Yasin tegaskan, pelayanan dasar masyarakat harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat.

Hal tersebut dikatakannya saat melantik Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan.

Pelantikan dihadiri pula, Wakil Bupati Bogor, Ketua DPRD kabupaten Bogor serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Senin (14/6).

universitas nusa bangsa bogor

Ade Yasin mengatakan, Disdukcapil adalah dinas pelayanan dasar masyarakat, jadi kerjanya melayani masyarakat secara administrasi maupun secara pelayanan.

Proses pengerjaan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan lain sebagainya harus disegerakan.

“Saya ingin pelayanan dasar masyarakat berjalan cepat, tepat, dan akurat. Harus ada respon yang cepat, kalau Standar Operasional Prosedur (SOP) nya 14 hari selesai, harus selesai. Kalau kurang dari itu lebih baik, jangan sampai melebihi SOP yang sudah ditentukan,” tandas Ade.

Kemudian Ade menjelaskan, bahwa dirinya suka mencatat aduan-aduan masyarakat terkait pelayanan dukcapil. Biasanya langsung diteruskan kepada Kepala Dinas, tapi karena kemarin sempat terjadi kekosongan, jadi disampaikan ke staf-stafnya. Ketika ada aduan di medsos dan dimanapun selalu dicatat dan ditindaklanjuti melalui Kepala Dinas nya.

“Pekerjaan tambahan Kepala Dinas adalah setiap hari mengikuti berita dan perkembangan terutama berkaitan dengan aduan masyarakat, pastikan apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik. Jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh lama mengantri mendapatkan dokumen kependudukan dan yang lainnya. Perhatikan SOP jangka waktu pengurusan, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat,” jelas Ade.

Ade pun meminta, program layanan antar dokumen kerjasama dengan Kantor Pos diteruskan, karena masyarakat merasa mendapatkan kemudahan ketika dokumen-dokumen yang sudah selesai diantar langsung ke masyarakat melalu Kantor Pos.

“Kasihan kalau masyarakat misalnya yang dari Jasinga, Tenjo, Sukamakmur, Tanjungsari, dan wilayah yang berjauhan lainnya harus mengambil dokumen langsung ke Cibinong. Jadi pelayanan harus mempermudah masyarakat dengan layanan antar tersebut,” ujar Bupati Bogor Ade Yasin.

Editor: Rany P Sinaga