Beranda Bogor Raya STIE Dewantara Bantu Warga Sukaraja

STIE Dewantara Bantu Warga Sukaraja

RADAR BOGOR – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen kembali membantu masyarakat.

Kegiatan bertajuk Pengabdian Masyarakat itu dilakukan di Gununggeulis Camp Area di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Minggu (13/6/2021).

Ketua Panitia, Muhammad Anggodo Matditia mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat untuk memenuhi penilaian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan, pertama memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu, baik sembako dan memberikan pakaian layak pakai.

Selain itu, kegiatan tersebut dikemas dengan penghijauan melalui penanaman bibit pohon.

“Itu gunanya untuk melestarikan lingkungan, juga peduli sesama manusia khususnya di Desa Gunung Geulis yang kurang mampu,” kata Ketua Panitia.

Menurutnya, kegiatan pengabdian ini rutin dilakukan biasanya setiap semester untuk setiap angkatan.

“Ini angkatan ke-31. Kemarin juga sebelumnya angkatan 30 melaksanakan kegiatan yang sama,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dilakukan hanya satu hari, mengingat saat ini tengah pandemi Covid-19.

“Untuk penanaman ada 150 bibit, hanya untuk simbolisnya itu 10 hingga 20 jenis pohon, mulai dari buah-buahan dan pohon keras,” paparnya.

Ia berharap, kegiatan kali ini dapat saling peduli sesama manusia karena hidup saling membutuhkan, saling mengingatkan karena hidup saling berdampingan.

Sementara, Dosen Ilmu Budaya Dasar STIE Dewantara Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Syaiful Anwar mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut sebenarnya mengajarkan tentang teori kehidupan manusia tentang kasih sayang.

“Manusia dengan penderitaan, manusia dengan kebahagiaan, praktiknya disini, kalau dibeberapa kampus ada KKN, sangat panjang waktunya, kalau dikita waktunya satu hari. Diharapkan mahasiswa punya kepedulian terhadap masyarakat,” ucapnya.

Untuk tema, agenda kegiatan dan lokasinya diserahkan ke mahasiswa agar mereka mencari tahu kondisi kehidupan di satu wilayah.

“Kira-kira solusinya apa yanh bisa kita abdikan, makanya disini salah satunya penanaman pohon agar penghijauan , masyarakat menengah kebawah diberikan sembako, dan palaian layak pakai,” tukasnya.(ded/c)