Beranda Pendidikan PPDB SMA Tahap I Rampung, 12 Ribu Siswa Daftar di Kota Bogor

PPDB SMA Tahap I Rampung, 12 Ribu Siswa Daftar di Kota Bogor

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I tingkat SMA telah ditutup, Jumat (11/6/2021). Imam/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap I tingkat SMA telah ditutup, Jumat (11/6) kemarin. Tercatat, sebanyak 12 ribu pendaftar yang bersaing memperebutkan kursi di tingkat SMA dan SMK pelat merah tersebut.

Jalur prestasi menjadi sasaran paling dominan yang diburu warga Kota Bogor hingga pendatang. Sebanyak 6.511 pendaftar memilih jalur prestasi nilai rapor, baik untuk SMA maupun SMK.

Sementara, kuota yang tersedia hanya minimal 25 persen. Persaingan untuk masuk melalui jalur prestasi itu akan sangat ketat. Ditambah lagi dengan keikutsertaan pendaftar dari luar Cabang Dinas Wilayah II Jawa Barat (Jabar).

universitas nusa bangsa bogor

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah II Jabar, I Made Supriatna menyebutkan, pendaftar dari luar daerah bisa mencapai angka ribuan.

“Hari terakhir saja, ada sekira 750 pendaftar dari luar Wilayah II (Kota Depok dan Kota Bogor). Yang memang menjadi sorotan karena titiknya wilayah II menjadi grade pertama se-Jabar. Makanya banyak yang di luar cabang dinas mau sekolahkan anaknya di sini,” bebernya, Sabtu (12/6).

Di lain sisi, ada pula yang sekadar menjajal nilainya. Padahal secara zonasi jarak rumahnya sangat dekat. Nilai rapor yang diajukannya sama sekali jauh dari standar kelulusan jalur prestasi tersebut.

“Rapi, saya sudah sampaikan, hak mendaftar siswa dengan nilai dan ranking berapapun, harus diterima, jangan ditolak. Kalau masalah ditolak atau lulus kan lain hal,” tandasnya.

Kini, alur PPDB tahap I memasuki verifikasi data siswa. KCD Wilayah II Jabar mesti memverifikasi 12.194 pendaftar di Kota Bogor, meliputi 7359 SMAN dan 4835 SMKN. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto
Editor: Alpin