25 radar bogor

Pecinta Touring Wajib Paham, Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Riding Jarak Jauh

RADAR BOGOR –Gelaran kompetisi video dan foto Maxi Yamaha Journey yang berlangsung dari tanggal 1 Juni sampai dengan 31 Juli 2021 mendorong para peserta untuk membuat konten digital semenarik mungkin.

Berbagai cara dilakukan demi menghasilkan konten yang berkualitas. Salah satunya dengan melaksanakan touring jarak jauh bersama reka-rekan komunitas sesama pengguna Maxi Yamaha.

Namun dalam melaksanakan kegiatan touring, khususnya yang menempuh jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan memakan waktu cukup lama, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para Bikers.

Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

“Kegiatan touring bersama rekan-rekan komunitas memang menjadi salah satu agenda menyenangkan yang sering dilakukan oleh para Bikers Maxi Yamaha. Menikmati momen berkendara sembari merasakan sensai berkendara motor Maxi Yamaha yang #nyamanMAXImal. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Oleh karena itu Yamaha Indonesia ingin berbagi tips mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapakan sebelum Anda melakukan touring menggunakan motor,” terang Manager of Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, Antonius Widiantoro.

Bagi para pecinta touring, berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnyadimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala. Khusus konsumen Yamaha, bahkan dapat memanfaatkan fitur layanan pada aplikasi My Yamaha Motor untuk melihat lokasi bengkel resmi terdekat dan juga informasi Service Kunjung Yamaha (SKY).

  1. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

  1. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Seperti jalan berlubang, tikungan tajam, tanjakan dan turunan curam hingga wilayah yang minim penerangan dan rambu lalu lintas. Dan jika memang minim informasi terkait jalur touring, manfaatkan teknologi GPS atau digital maps untuk mendapat sedikit gambaran rute.

  1. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikuti rambu dan marka yang ada kita dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

  1. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khsususnya saat touring jarak jauh. Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan. (adv/debora)