25 radar bogor

Sambut Samisade, Warga Gunung Bunder II Gotong Royong Lebarkan Jalan

Warga Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan gotong royong lebarkan jalan. Septi/Radar Bogor
Warga Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan gotong royong lebarkan jalan. Septi/Radar Bogor

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Sambut program Satu Miliar Satu Desa (Samisade), warga Desa Gunung Bunder II, Kecamatan Pamijahan gotong royong lebarkan jalan. Tidak kurang 500 orang terlibat dalam kerja bakti rutin mingguan tersebut.

Kepala Desa Gunung Bunder II Andri Ibrahim mengatakan, gotong royong ini merupakan bentuk antusias warga dalam menyambut pembangunan dari program Samisade.

“Sebanyak lima titik di lokasi yang berbeda kita lakukan gotong royong,” ujarnya di lokasi gotong royong di Kampung Pasir Salam.(11/6/2021)

Kerja bakti tiap Jum’at ini dilakukan warga untuk mempersiapkan infrastruktur yang akan dibangun menggunakan anggaran Samisade, program yang dicanangkan Bupati Bogor.

Menggunakan material seadanya, ratusan warga itu secara swadaya melakukan pelebaran jalan dan perbaikan jembatan sebelum nantinya dibangun secara keseluruhan.

Menurut Andri, dengan anggaran yang ada, itu tidak cukup untuk jalan sepanjang 1,6 kilometer dengan penambahan lebar menjadi 3 meter yang akan dibangun.

Untuk itu, gotong royong diperlukan guna menutup anggaran satu miliar tersebut. Pada pelaksanaannya pun dirinya berencana menggunakan Padat Karya Tunai (PKT). “Sebagai desa dengan status Desa Maju, juga harus didukung dengan akses jalan yang memadai,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan dibangunnya Jalan Pasir Salam ini, perekonomian masyarakat khususnya di RW 4 dan RW 5 meningkat. “Terutama warga yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan,” pungkasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin