25 radar bogor

Tata Etalase Kota Bogor, Pemkot Usulkan Bangun Tugu ke Pemerintah Pusat

Kepala Dinas Disperumkim Kota Bogor, tengah menata taman yang berada di Tol Barangsiang. Dede/Radar Bogor
Kepala Dinas Disperumkim Kota Bogor, tengah menata taman yang berada di Tol Barangsiang. Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membangun tugu di gerbang Kota Bogor.

Pembangunan tugu yang tengah diajukan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan dibangun di sekitaran tol dalam kota Baranangsiang.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor Juniarti Estiningsih mengatakan, rencana pembangunan tugu selamat datang itu merupakan bagian dari penataan Kota Bogor, agar terlihat lebih tertata saat memasuki Kota Bogor.

Esti mengungkapkan etalase Kota Bogor berada di pintu tol keluar menuju Terminal Barangsiang. Untuk itu, melalui Disperumkim usulan untuk menata etalase Kota Bogor harus segera terealisasi.

“Kami berupaya melalui kementerian PUPR agar ada etalase kota menuju pintu gerbang Kota Bogor,” kata Esti-sapaan Juniarti Estiningsih kepada Radar Bogor, Kamis (10/6/2021).

Dengan keberadaan tugu tersebut membuat Kota Bogor menjadi berberda dan lebih tertata. Apalagi, Presiden Joko Widodo saat ini tinggal di Kota Bogor.

Mantan Camat Bogor Barat itu menjelaskan, selain sudah mengsulkan konsepnya, Disperumkim juga sudah membuat Detail Engineering Design (DED).

Nantinya ada tugu yang dibangun dan menata taman yang berada di kawasan jalan miliki Jasa Marga itu. “Kanan kiri nanti ditata (taman), lokasinya akan dibangun setelah bunderan tol Baranangsiang,” katanya.

“Ketika masuk ke kota Bogor, kita inginnya ada ikonik, dan berharap terminal Barangsiang juga segera ditata,” ucapnya.

Disisi lain, Esty mengaku tengah menjalin komunikasi dengan vendor reklame yang menggunakan lahan fasos fasum milik Pemkot Bogor, seperti reklame yang berada di sepanjang jalur hijau.

Undangan tersebut, kata dia, berkaitan dengan kontribusi perusahaan yang bergerak dibidang reklame itu agar turut melakukan penataan taman. “Kemarin kita undang, mudah-mudahan ada progres terkait pentaan,” tukasnya.(ded)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Alpin