Beranda Olahraga Ini Alasan Presiden PSG Mau Berkolaborasi dengan Atta Halilintar

Ini Alasan Presiden PSG Mau Berkolaborasi dengan Atta Halilintar

RADAR BOGOR – Kabar mengejutkan datang ketika beberapa hari lalu YouTuber papan atas Indonesia Atta Halilintar mengumumkan memiliki klub baru dengan nama AHHA PS Pati FC. Sesuai namanya, klub itu akan bermarkas di Pati.

Banyak pihak kemudian mempertanyakan asal usul klub tersebut. Sebab, sebelumnya, ada dua klub di Pati. Yaitu, Persipa Pati yang berkompetisi di Liga 3 dan PSG (Putra Safin Group) Pati yang berlaga di Liga 2.

Lalu, dari mana asal usul AHHA PS Pati FC? Presiden PSG Pati Saiful Arifin akhirnya membuka tabir misteri yang ada.

universitas pakuan unpak bogor

Menurut pria yang akrab disapa Safin itu, AHHA PS Pati FC lahir dari kolaborasi antara Atta Halilintar dan PSG Pati. ’’Iya, Mas. Kami lakukan sinergi dan kolaborasi bersama,’’ kata Safin saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Kerja sama keduanya cukup mengejutkan. Sebab, Safin merupakan salah seorang investor dengan dana yang cukup besar. Buktinya, dia sudah membangun training ground di kawasan Mojoagung, Pati. Lapangan itu kemudian digunakan untuk mengembangkan Safin Pati Football Academy (SPFA).

Lalu, apa yang membuat Safin akhirnya mau berkolaborasi dengan Atta? Soal itu, pria 47 tahun tersebut punya alasan. ’’Atta ini kan jago dalam hal marketing. Sehingga (branding) klub bisa tambah kuat dengan melakukan kolaborasi ini,’’ jelas pria yang juga wakil bupati Kabupaten Pati tersebut.

Branding dimulai dengan mengubah nama menjadi AHHA PS Pati FC. Safin memastikan nama itu pula yang akan didaftarkan untuk berkompetisi di Liga 2. Posisi Safin juga bakal berubah.

’’Saya akan jadi komisaris klub, Mas,’’ terang pria yang mengenyam pendidikan SMP di Merauke itu. Selain mengurus klub, Safin masih akan fokus di SPFA. ’’Yang penting pembinaan dan training ground di Pati sudah mantap,’’ tegasnya.

Untuk saat ini, belum ada peresmian pergantian nama klub dari PSG Pati ke AHHA PS Pati FC. Perubahan nama itu sekadar pembuatan akun baru di media sosial. ’’Nanti ada launching untuk itu (nama baru),’’ jelas Safin.

Hanya, pria kelahiran 21 April 1974 itu belum bisa membocorkan kapan launching dilakukan.

Untuk saat ini, tim masih bernama PSG Pati. Tim berjuluk Laskar Kembang Joyo itu juga masih fokus ke turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo. Pihak manajemen mengaku senang dengan adanya turnamen tersebut.

’’Untuk kami, ini bisa dimanfaatkan sebagai masa persiapan menjelang bergulirnya Liga 2 2021,’’ terang Manajer PSG Pati Doni Setiabudi.

Apalagi, tim yang ikut serta cukup mentereng. Sebut saja Bali United, Persib Bandung, Arema FC, dan Bhayangkara FC. Karena lawan yang dihadapi cukup kuat, Doni tidak mematok target tinggi.

’’PSG Pati mengandalkan banyak anak muda dan mencari pengalaman bermain. Kami tidak lihat hasil dari turnamen ini nanti. Terpenting adalah jam terbang yang kami utamakan,’’ terang pria yang akrab disapa Kang Jalu itu.

Setahun Tiga Nama
Dari mana asal usul AHHA PS Pati FC?

Berikut riwayatnya:

1. Putra Sinar Giri (PSG) Gresik
Klub ini berasal dari kawasan Menganti, Gresik. Pada musim 2019, mereka mampu menjadi juara Liga 3 zona Jatim. Kemudian, mereka promosi ke Liga 2 musim 2020.

2. Putra Safin Group (PSG) Pati
Pada 20 Desember 2020, PSG Gresik diakuisisi Wakil Bupati Kabupaten Pati Saiful Arifin. Nama klub kemudian diubah menjadi Putra Safin Group (PSG) Pati. Logo klub juga diubah dengan warna identik adalah merah dan biru.

3. AHHA PS Pati FC
Baru sekitar setengah tahun, atau awal Juni 2021, Saiful Arifin memutuskan berkolaborasi dengan Atta Halilintar. Nama dan logo klub kemudian kembali diubah. Nama klub menjadi AHHA PS Pati FC. Kemudian, logo klub identik dengan lambang kuda. Nama inilah yang akan didaftarkan di Liga 2. (jpc)