Beranda Metropolis Tingkatkan Pendapatan Petani, Polbangtan Bogor Kementerian Pertanian Lakukan Pembinaan Desa Mitra

Tingkatkan Pendapatan Petani, Polbangtan Bogor Kementerian Pertanian Lakukan Pembinaan Desa Mitra

Polbangtan Bogor aktif melakukan giat pengabdian masyarakat melalui desa mitra binaan di beberapa daerah.

BOGOR–RADAR BOGOR, Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor aktif melakukan giat pengabdian masyarakat melalui desa mitra binaan di beberapa daerah. Salah satunya di Desa Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (4/6) ini melibatkan mahasiswa sebagai teknisi dalam penyampaian materi pelatihan dan seluruh anggota kelompok tani yang menjadi target pengabdian. Kali ini para petani diajarkan cara membuat silase atau pakan hijau ternak yang diawetkan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan menyampaikan, pemerintah Indonesia terus mendorong peran penting sektor pertanian dalam menciptakan lapangan kerja di pedesaan.

universitas nusa bangsa bogor

“Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan keluarga petani, serta memastikan ketahanan pangan nasional. Regenerasi petani merupakan harga mati yang harus segera kita realisasikan bersama,” tutur Mentan SYL.

Senada dengan pernyataan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa pertanian harus didukung kalangan milenial sebagai generasi muda.

“Mendukung upaya pemerintah melakukan regenerasi petani sekaligus melahirkan pengusaha muda pertanian yang berdampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat pertanian Indonesia,” tegasnya.

Sementara Endang Endrakasih, Dosen Jurusan Peternakan yang mendampingi kegiatan ini mengatakan fermentasi silase ini semakin dipadatkan, maka hasil yang diperoleh akan semakin maksimal.

Tidak hanya belajar membuat pakan ternak, kelompok tani juga diajarkan cara memasarkan labu kuning. “Salah satu faktor yang harus menjadi fokus utama dalam pemasaran labu kuning terletak pada kemasan yang harus didesain semenarik mungkin. Terlebih labu tersebut diolah menjadi makanan dan kemudian tunjukkan sisi positif untuk mempromosikan produknya,” ujar Dedy Kusnadi salah seorang Narasumber.

Menurutnya Petani disini sangat antusias atas pembinaan desa mitra kali ini. Mereka punya keinginan yang kuat untuk memasarkan produksi labu kuning mereka ke pasar yang lebih luas lagi.

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor