Beranda Bogor Raya Kerja Bakti, Warga Gorowong Temukan Makam Kuno

Kerja Bakti, Warga Gorowong Temukan Makam Kuno

Warga Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang temukan makam kuno. Septi/Radar Bogor

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR, Kerja bakti di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bayuku, warga Desa Gorowong, Kecamatan Parung Panjang malah temukan makam kuno. Belum diketahui pasti asal muasal dan sejarah dari makam kuno tersebut.

Namun warga percaya makam itu merupakan peninggalan zaman kerajaan dan sepakat menjaga dan merawat makam kuno tersebut. “Jadi sebelum Idul Fitri kemarin, kami warga lagi kerja bakti, tanpa sengaja menemukan makam kuno ini,” ungkap Ketua RW 05 Desa Gorowong Sulaeman kepada wartawan.(6/6/2021)

Sebetulnya, Sulaeman menuturkan, banyak makam di TPU Bayuku yang terdapat batu nisan terdahulu yang berbeda dengan sekarang pada umumnya. Namun berbeda dengan makan kuno yang ditemukan ini.

universitas ibn khaldun uika bogor

Pasalnya, dalam batu nisannya ada angka yang bertuliskan “1400” dengan tulisan bahasa arab. “Warga tidak ada yang tahu maksud dari tulisannya, tokoh masyarakat juga tidak tahu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Gorowong Mahdi menyatakan telah melaporkan temuan tersebut ke Pemerintah Kecamatan Parung Panjang.

Tidak ingin berbuat sembarangan, warga diminta untuk menjaga makan kuno tersebut sampai ada tindak lanjut dari pihak-pihak terkait yang berwenang.

Selain itu, sambung Mahdi, Pemerintah Desa Gorowong mengimbau kepada warga masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar TPU Bayuku untuk menjaga dan merawat makam kuno yang dipercaya telah ada sejak ratusan tahun sebelumnya. “Kalau dikirakan, makam ini ada sejak zaman Majapahit, tapi kami belum tahu pasti,” tandasnya.(cok)