25 radar bogor

Institut Tazkia Sediakan Beasiswa Penuh untuk Calon Mahasiswa Asal Afganistan

Kunjungan Kedubes Afganistan ke Institut Tazkia
Kunjungan Kedubes Afganistan ke Institut Tazkia

BOGOR-RADAR BOGOR, Telah bekerjasama dengan berbagai negara dalam menyediakan beasiswa kuliah, Institut Tazkia kini melebarkan kerjasama beasiswa hingga Afganistan.

Kamis (3/6/2021), mendapatkan kunjungan dari Kedutaan Afganistan untuk Indonesia, menandai kerjasama kedua belah pihak dalam bidang pendidikan tersebut.

Direktur International Program Institut Tazkia, Anita Priantina menjelaskan, adanya beasiswa untuk anak-anak Afganistan berawal dari kunjungan beberapa petinggi di Indonesia ke sana. Salah satunya rektor Institut Tazkia.

“Dalam pertemuan tersebut, membahas pendidikan salah satunya. Mereka ternyata membutuhkan beasiswa, agar anak-anak Afganistan berkembang,” jelasnya kepada Radat Bogor.

Kebutuhan itu ditindaklanjuti oleh Indonesia dengan menggaet beberapa perguruan tinggi untuk memberikan beasiswa tersebut. Begitu juga Intitut Tazkia.

Anita menjelaskan, kuota awal yang diberikan Institut Tazkia berjumlah 5 beasiswa bagi anak-anak Afganistan.

Beasiswa tersebut, lanjut Anita, mencakup biaya pendidikan, juga biaya hidup mereka selama di Indonesia.

“Jadi kami sediakan beasiswa full, bukan hanya soal pendidikan, tapi mencakup biaya hidup mereka nanti sampai tuntas,” terang Anita.

Mengenai teknis, ia belum menjelaskan lebih jauh, yang pasti, nantinya calon mahasiswa penerima beasiswa tersebut terlebih dahulu akan mengikuti test seperti biasa, sesuai minat dan bakat masing-masing.

Editor: Rany P Sinaga