25 radar bogor

TNI-Polri Temukan 2 Jenazah Usai Kontak Senjata dengan KKB

Ilustrasi evakuasi korban KKB
Ilustrasi evakuasi korban KKB
ILUSTRASI: Evakuasi korban kekejaman KKB Papua (JPG)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan pembakaran tower di Bandara Aminggaru, Ilaga, Papua. Kontak senjata dengan aparat TNI-Polri pun tak terhindarkan.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, setelah kontak senjata berakhir, aparat langsung menyisir lokasi kejadian. Hasilnya ditemukan 2 jenazah.

“TNI-Polri melakukan penyisiran dan olah TKP di Bandara Aminggaru dengan berhasil mengevakuasi dua jenazah warga sipil di Kampung Nipurolome Distrik, Ilaga, Puncak pada hari Jumat, 4 juni 2021 yang ditembak KKTB (Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata),” kata Iqbal kepada wartawan, Sabtu (5/6).

Korban teridentifikasi sebagai Nelius Kogoya dan Petena Murib. Keduanya sudah dievakuasi untuk diberi penanganan lebih lanjut.

“Pukul 08.00 WIT, tim gabungan TNI-Polri dipimpin Kapolres Puncak menuju bandara dan kembali terjadi kontak tembak antara tim gabungan TNI-Polri dengan KKTB. Kontak tembak berlangsung sekira tiga jam,” jelas Iqbal.

Sebelumnya, Aparat gabungan TNI dan Polri terlibat kontak tembak sengit selama kurang lebih tiga jam dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Peristiwa itu terjadi di sekitar area Bandara Aminggaru Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak Papua, pada Jumat (4/6) sekitar pukul 05.30 dan 08.00 WIT.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombespol M. Iqbal Alqudusy seperti dilansir dari Antara menyebut, kontak tembak dengan KKB terjadi saat aparat gabungan TNI-Polri sedang melakukan penyisiran dan pembersihan di area Bandara Aminggaru. Sebab, diduga masih terdapat gerombolan bersenjata tersebut.

Baru sekitar pukul 11.30 WIT, pasukan TNI-Polri berhasil melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Beberapa fasilitas yang dibakar dan dirusak KKB, antara lain bangunan Air Traffic Control/ATC Bandara Aminggaru Ilaga, sebuah pesawat rusak yang tengah parkir di Bandara Aminggaru Ilaga, dua unit rumah petugas, dan satu unit alat berat.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin