Beranda Berita Utama Lalu Lintas Naik 11,5 Persen, Ganjil Genap Berpotensi Aktif Lagi

Lalu Lintas Naik 11,5 Persen, Ganjil Genap Berpotensi Aktif Lagi

Ganjil genap di Jakarta kembali akan diberlakukan.

RADAR BOGOR – Kepolisian mencatat terjadi kenaikan volume lalu lintas di wilayah DKI Jakarta. Kenaikannya pun cukup signifikan. Yakni, 11,5 persen.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, jajarannya bersama Pemprov DKI sedang mencari solusi untuk menangani situasi ini. Salah satu opsi yang dipertimbangkan yakni pemberlakukan kembali ganjil genap (gage).

“Jadi, ada opsi ganjil genap diberlakukan kembali,” kata Sambodo kepada wartawan, Sabtu (5/6).

universitas nusa bangsa bogor

Pertimbangan matang sedang dilakukan untuk memutuskan gage kembali diberlakukan atau tidak. Salah satu yang menjadi sorotan yakni ketersediaan angkutan umum sebagai pengganti kendaraan pribadi.

“Kapasitas angkutan umum harus ditingkatkan. Karena sekarang masih masa pandemi, kalau ada ganjil genap pasti akan ada perpindahan moda trasnportasi dari pengguna kendaraan pribadi menjadi kendaraan umum,” imbuh Sambodo.

Sementara itu, angkutan umum memiliki potensi menjadi lokasi penularan virus apabila tidak dikendalikan secara baik. Apalagi jika terjadi penumpukan penumpang.

“Kalau di Jalan Sudirman-MH Thamrin mungkin sudah siap, di situ ada MRT, TransJakarta. Oke kita bisa setuju itu. Tapi, kalau untuk jalan lainnya kita lihat dahulu, seberapa mendesak kebutuhan ganjil genap di jalan itu,” pungkas Sambodo. (jpc)