25 radar bogor

Banyak Tak Tahu Titik Nol Kilometer Bogor, Kini Diburu untuk Berfoto

Warga berfoto di titik nol Kilometer Bogor.
Warga berfoto di titik nol Kilometer Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masih banyak masyarakat Kota Bogor yang tak tahu dimana titik nol kilometer. Padahal, lokasinya kerap menjadi tempat lalu-lalang kendaraan hingga para pejalan kaki.

Titik nol kilometer Bogor tepat berada di depan balaikota Bogor. Di sekitar trotoar seberang Kebun Raya itu, terdapat patok yang menunjukkan angka 0 Km. Patok tersebutlah yang menandai titik nol kilometer dari Kota Bogor.

Salah seorang warga asal Ragajaya, Hani menyempatkan diri untuk berfoto bersama anaknya di titik nol kilometer itu, Jumat (4/6). Ia semula tak menyadari bahwa nol kilometer Kota Hujan berada di tempat tersebut. Padahal, lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya.

“Iya, rumah di Ragajaya. Lagi liburan ke Puncak (Bogor). Kemarin nginap, jadi sempatkan mampir,” ucapnya, usai berfoto-foto di samping penanda jarak itu.

Sebenarnya, bukan hanya Hani saja yang baru menyadari titik nol kilometer itu. Warga lain, Farah juga baru tahu jika Titik Nol itu berada di tempat yang sangat sering dilewatinya. “Hampir tiap hari lewat dan baru tahu gue,” ujarnya.

Selama ini, patok itu diabaikan begitu saja. Masyarakat hanya melintasinya. Tak jarang, orang-orang yang berlibur di Kota Bogor kerap menyangka nol kilometer ada di dalam Kebun Raya.

“Kalau menurut saya, karena letak yang kurang strategis berada di pinggir jalan yang (biasanya juga) mengakibatkan macet. Apalagi dekat balai kota. Mungkin perlu dibuat agak sedikit mencolok,” ungkap warga lainnya, Amelia. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto
Editor: Alpin