Beranda Metropolis RS Azra Helat Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Hipotiroid pada Bayi Baru Lahir

RS Azra Helat Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Hipotiroid pada Bayi Baru Lahir

DIALOG : dr. Agus Darajat Sp.A, M.Kes menjadi narasumber Health Talk di Instagram Live bertema Pentingnya Deteksi Dini Hipotiroid Pada Bayi Baru Lahir, Rabu (2/6).

RADAR BOGOR – RS Azra kembali melaksanakan Health Talk di Instagram Live bertema Pentingnya Deteksi Dini Hipotiroid Pada Bayi Baru Lahir, Rabu (2/6).

Kali ini. ada sejumlah narasumber diantaranya dr. Agus Darajat Sp.A, M.Kes yakni dokter spesialis anak di RS Azra dan dipandu oleh dr. Yunesti Nugraheni Tyaswati selaku Kepala Humas dan Marketing RS Azra.

Acara ini, berlangsung dari Pukul 13.00 – 14.00 WIB.
Health Talk IG LIVE merupakan adalah salah satu program reguler dari Humas Marketing RS Azra bersama PKRS Azra untuk menginformasikan pentingnya berbudaya sehat hidup sehat di media sosial.

universitas nusa bangsa bogor

Pada Health Talk kali ini, dibahas mengenai New Born Skrining, yaitu deteksi dini pada bayi baru lahir, terutama bayi bayi yang berisiko.

“Pentingnya Pemeriksaan New Born Skrining Pada Bayi Baru Lahir karena dengan pemeriksaan New Born Skrining ini , kita bisa mengintervensi secepat mungkin penyakit penyakit yg diderita pada bayi baru lahir , sehingga dapat tertangani lebih awal dan outcome terakhirnya adalah bayi bayi yang baru lahir ini akan memiliki kualitas yang baik,” papar Agus.

New Born Skrining, kata dia, pemeriksaannya sangat banyak. Untuk saat ini, yang sudah dijadikan patokan oleh pemerintah adalah pemeriksaan hipotiroid, yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit hipotiroid kongenital, pemeriksaan yang lain adalah pemeriksaan enzim G6PD, asam amino, gangguan metabolisme dan lain lain, tapi pada kesempatan kali ini khusus dibahas mengenai pemeriksaan hipotiroid kongenital.

Hipotiroid kongenital adalah kelainan bawaan, dimana seorang bayi memiliki kadar tiroid yang rendah (hipotiroid) dan merupakan bawaan dari lahir (kongenital). Pemeriksaan yang paling disarankan adalah TSH dan G6PD.

Agus menjelaskan, kenapa harus mendeteksi dini hipotiroid Pada Bayi Baru Lahir,Karena bila ada kadar tiroid atau tiroksin yang rendah pada seorang bayi, maka bayi itu akan mengalami gangguan perkembangan mental (retardasi mental), hormon tiroid juga mempengaruhi susunan syaraf pusat dan juga metabolisme yang lain (karbohidrat, lemak, protein dan lainnya), itulah kenapa skrining hipotiroid ini sangat penting.

“Sejak tahun 2014 dalam Permenkes disebutkan bahwa tenaga kesehatan diharapkan melakukan skrining untuk tiroid pada bayi baru lahir,” kata dia.

Kenapa pemeriksaan ini harus dilakukan secepat mungkin ?
Pemeriksaan skrining hipotiroid (TSH) ini memiliki golden periode, yang terbaik yaitu 2-3 hari pertama, karena jika dilakukan di hari pertama masih terpengaruh dari hormon ibu.

Bila kurang yakin maka pemeriksaan ini bisa diulang sebelum usia bayi 28 hari dan intervensinya dilakukan sebelum usia bayi 8 minggu, karena bila dilakukan intervensi diatas 8 minggu maka kerusakannnya akan sangat hebat. Pemeriksaan ini sudah dpt dilakukan di RS Azra.

Untuk kasus hipotiroid kongenital biasanya terjadi di daerah daerah tertentu dan pada ibu yang kurang mengkonsumsi iodium, atau bisa juga terjadi pada bayi yang memiliki kelainan kongenital tidak memiliki kelenjar tiroid sehingga tidak bisa memproduksi hormon tiroid.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh penonton, antara lain adalah :  Asupan makanan apa saja yang dapat mencegah kekurangan hormon tiroid ?

Secara umum ibu hamil harus terpenuhi kebutuhan gizi seimbangnya, dan khususnya asupan garam iodium yang cukup.
Kemudian pertanyaan lainnya adalah apakah yang terjadi bila skrining hipotiroid ini melewati masa golden periode?

Agus menjelaskan, terapi dapat tetap dilakukan tapi outcome tidak akan sebagus bila dilakukan lebih awal, beberapa literatur mengatakan bila terapi dilakukan sebelum 8 minggu maka IQ masih bisa diatas 100, tapi bila terlambat mungkin IQ bisa dibawah itu, artinya makin cepat deteksi dini dan terapi dilakukan maka hasilnya akan lebih bagus.

Dokter juga menambahkan pada bayi bayi yang lahir dengan hipotiroid kongenital memiliki gejala gejala yg khas, Antara lain gerak tidak aktif, susah menetek, kuning cepat, keluhan hernia umbilikalis dan sering terjadi pada bayi dengan down syndrome.

Acara ini ditonton sekitar 150 Viewers yang terlihat antusias dalam mengajukan pertanyaan ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator, banyak sekali viewers yang mengajukan pertanyaan.

dr. Agus berpraktik di RS Azra pada hari Senin sampai Jumat, Pagi pukul 07.00-11.00 WIB kemudian dilanjutkan pelayanan vaksin sampai pukul 12.00, dan sore pukul 17.30-20.00 WIB. Dan juga membuka poli online pada hari senin sampai Jumat pukul 10.00-12.00 WIB. (*/adv/pem)