25 radar bogor

Tiga Trik Mudah Hapus Riasan Tanpa Sebabkan Bulu Mata Rontok

ILUSTRASI. Membersihkan riasan mata memang tak selamanya muda. Jika riasan yang digunakan tebal, terlebih pada bulu mata bisa sebabkan kerontokan. (Mind Body Green)

RADAR BOGOR – Area mata adalah kulit yang paling rapuh dan halus di seluruh wajah. Setelah pulang dari pesta atau menghadiri sebuah acara dengan riasan mata yang tebal, kaum hawa biasanya susah payah menghapusnya. Ada saja sisa riasan yang membandel tertinggal di area mata.

Seseorang umumnya mengoleskan krim mata, lalu menggunakan jari manis untuk mengusap di sepanjang tulang orbital agar sisa make-up bisa bersih. Jika terlalu sering menggosok dan mengusap, ternyata dapat merusak kulit kelopak mata.

“Akan memperparah garis-garis halus, dan bahkan dapat menyebabkan kulit menjadi halus. Bulu mata juga rontok,” kata dokter kulit bersertifikat Jeanine Downie, MD seperti dilansir dari Mind Body Green, Minggu (30/5).

Ikuti beberapa cara menghapus riasan mata Anda dengan lembut. Apa saja?

1. Selektif Pilih Penghapus Make-Up

Pilih penghapus make-up Anda dengan bijak. Banyak pembersih riasan tradisional mengandung alkohol dan surfaktan keras yang dapat mengikis kulit dan menyebabkan iritasi, terutama di sekitar area mata yang rapuh. Tisu make-up bisa sangat abrasif, karena gesekan fisik dapat menyebabkan iritasi dan kerutan di kemudian hari.

Sebaliknya, para ahli menyarankan Anda memilih salah satu dari dua metode yakni pembersihan ganda (dengan minyak pembersih atau balsem) atau kapas atau kain yang dapat digunakan kembali yang dibasahi dengan penghilang alami berbahan dasar minyak. Keduanya adalah metode yang jauh lebih lembut. Mata akan segar dan cerah di pagi hari.

2. Minyak Pembersih

Jika menggunakan minyak pembersih atau balsem, oleskan produk ke wajah dan leher Anda, bukan hanya mata. Lalu pastikan untuk mengaplikasikannya ke seluruh area permukaan. Pijat kulit untuk mengurai riasan, tetapi pertahankan tekanan Anda perlahan dan lembut.

“Luangkan waktu satu menit penuh untuk mengoleskan minyak ke kulit Anda,” kata ahli kecantikan holistik Britta Plug.

Pastikan untuk memberikan kelembutan ekstra di sekitar mata. Minyak melarutkan minyak, jadi Anda tidak perlu menggosok terlalu keras. Gunakan gerakan lembut ke bawah untuk menghilangkan maskara membandel dan gerakan melingkar lembut pada kelopak mata.

3. Micellar Water

Cukup rendam kapas bulat pada minyak kelapa atau micellar water dan tekan kapas ke mata tertutup selama sekitar satu menit. Jangan digosok. Biarkan saja produk meresap ke kelopak mata dan bulu mata Anda sehingga bisa melarutkan riasan. Lalu riasan akan langsung terangkat. Kemudian saat Anda membersihkan, semua riasan Anda akan lumer tanpa bekas. (jpc)