25 radar bogor

Nah, Penelitian Buktikan Manfaat Minum Jus Mengkudu Bisa Cegah Tumor

ILUSTRASI. Mengkudu atau juga dikenal sebagai ekstrak Morinda Citrifolia. Buah ini rasanya pahit. Namun sudah lama dikenal sebagai obat. (nonigreen)

RADAR BOGOR – Mengkudu atau juga dikenal sebagai ekstrak Morinda Citrifolia. Buah ini rasanya pahit. Namun sudah lama dikenal sebagai obat.

Dilansir dari Science Times, Rabu (26/5), menurut National Cancer Institute mengkudu mengandung sifat antioksidan dan dapat mencegah perkembangan tumor dengan cara menghambat pembentukan aduk DNA-karsinogen.

Morinda citrifolia umumnya dikenal sebagai tanaman tahunan Asia Tenggara dan telah dikonsumsi masyarakat selama lebih dari 2.000 tahun.

Tanaman mengkudu telah menarik perhatian para ilmuwan dari industri farmasi dan makanan karena keserbagunaannya dalam beradaptasi dan menggunakan bagian-bagian tanaman.

Bagaimana Cara Kerja Mengkudu?

Menurut penelitian, jus mengkudu (ekstrak Morinda Citrifolia) yang diterbitkan dalam Ulasan Komprehensif dalam Ilmu Pangan dan Keamanan Pangan, analisis kimia dan nutrisi pada M. citrifolia mengungkapkan bahwa buah ini mengandung nilai gizi tinggi yang dapat menyebabkan efek terapeutik.

Jus Mengkudu (ekstrak Morinda Citrifolia) digunakan sebagai antibakteri, antivirus, antijamur, analgesik, anti-inflamasi, anti tumor, hipotensi, dan juga dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut RxList. Bisa juga menurunkan total kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Lebih dari itu, mengkudu juga digunakan untuk mengurangi rasa sakit kronis, pembengkakan, dan peradangan yang menyakitkan. Ekstrak Morinda Citrifolia juga dapat memperlambat penyerapan gula kecil ke usus dan mengobati infeksi parasit.

Penelitian melaporkan bahwa mengunyah daun tanaman mengkudu akan melepaskan dan mengaktifkan serat makanan larut yang membantu mengobati diabetes.

RxList juga mencatat bahwa sampai sekarang, masih ada informasi yang dapat dipercaya tentang efektivitas jus mengkudu. Ilmuwan yang mengkaji efek terapeutiknya merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memahami aplikasinya.

Menurut WebMD, mengkudu mungkin aman untuk kebanyakan orang dewasa jika diminum, tetapi konsumsi buah kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Beberapa kasus juga melaporkan kerusakan hati pada orang yang mengonsumsi teh atau jus mengkudu selama berminggu-minggu, meskipun tidak jelas apakah ekstrak Morinda Citrifolia adalah penyebab dari efek samping tersebut.

Umumnya jus mengkudu aman dikonsumsi. Namun jika terjadi efek samping segera hubungi dokter untuk mendapatkan informasi dan nasihat medis. (jpc)