25 radar bogor

Langka Terjadi, 3 Keistimewaan Gerhana Bulan Malam Ini

Ilustrasi Gerhana Bulan
Ilustrasi Gerhana Bulan
Ilustrasi Gerhana Bulan

BOGOR-RADAR BOGOR, Gerhana Bulan Total akan berlangsung malam ini, Rabu (26/5/2021). Peristiwa ini sangat langka karena hanya terjadi 195 tahun sekali.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, puncak gerhana dapat disaksikan tanpa alat bantu optik pada pukul 18.46 WIB di wilayah barat Indonesia. Pukul 19.46 WITA di wilayah tengah Indonesia dan pukul 20.46 WIT di wilayah Timur Indonesia.

Fenomena Blood Moon hanya terjadi ketika fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total. Bulan akan tampak berwarna merah dan akan semakin merah bergantung dengan ketebalan partikel di atmosfer bumi yang ditembus cahaya itu seperti polusi udara atau tutupan awan.

Lantas, apa saja keistimewaah gerhana bulan malam ini?

1. Berlangsung 5 Jam

Berdasarkan informasi dari @infoastronomy, keistimewaan gerhana bulan total ini adalah berlangsung selama lima jam. Fenemona ini dihitung ketika bulan pertama kali masuk ke bayangan penumbra bumi atau bayangan terang bumi.

Gerhana bulan berakhir ketika bulan meninggalkan bayangan penumbra. Total durasinya adalah 5 jam.

2. Bertepatan dengan Perigee Bulan

Perigee adalah jarak terdekat bulan dari bumi dalam orbitnya yang lonjong. Istimewanya, gerhana bulan 26 Mei bertepatan dengan perigee bulan untuk tahun 2021 yakni 357.462 Km dari bumi.

Hasilnya, bulan malam ini akan 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang.

3. Terlihat di Seluruh Sisi Malam Planet Bumi

Masih dari @infoastronomy, gerhana bulan total disebutkan bisa disaksikan di seluruh area malam saat waktu gerhana berlangsung. Hal ini berbeda dari gerhana matahari total yang memiliki jalur gerhana.

Gerhana bulan total 26 Mei 2021 akan terlihat dari area barat Amerika Utara, selatan dan barat Amerika Selatan. Selanjutnya bagian timur China, Semenanjung Korea, Jepang, Selandia Baru, Australia, dan Asia Tenggara.

Editor: Rany P Sinaga
Sumber: okezone