25 radar bogor

Gerhana Bulan Bisa Ubah Mood Seseorang, Benarkah?

Ilustrasi gerhana bulan total
Ilustrasi gerhana bulan total
Ilustrasi Gerhana Bulan Total.

RADAR BOGOR, Gerhana bulan disebut-sebut bisa memengaruhi perilaku seseorang. Meskipun tak ada bukti ilmiahnya, namun banyak orang percaya akan hal ini.

“Satu survei di AS menemukan bahwa sekitar 40 persen populasi umum, dan 80 persen profesional kesehatan mental, percaya bahwa fase bulan memengaruhi perilaku manusia.”

Beberapa astrolog percaya bahwa blood moon dapat mengirim semua emosi Anda ke dalam putaran yang memicu amarah – dan tampaknya, dampak yang tepat dari blood moon terhadap suasana hati Anda akan bervariasi tergantung pada tanda zodiak Anda.

Gerhana bulan ini secara luas dikaitkan dengan kelahiran kembali dan pembaruan. Fenomena bulan bulan mungkin tampak menakjubkan secara visual, tetapi astrolog Australia Rose Smith mengatakan bahwa penting untuk tetap menyadari emosi Anda selama periode tersebut.

Bulan purnama biasanya dapat memunculkan ‘kegilaan’ pada orang, tetapi mungkin orang melakukan hal-hal yang lebih gila dari biasanya – dan ini dapat dikaitkan dengan ketegangan emosional yang terpendam.

“Ini adalah waktu untuk menangani masalah dari alam bawah sadar kita,” kata Smith dikutip dari Nine.

“Bulan purnama biasanya dapat menimbulkan ‘kegilaan’ pada manusia, tetapi kita dapat mengharapkan orang melakukan hal-hal yang lebih gila dari biasanya – dan ini dapat dikaitkan dengan ketegangan emosional yang terpendam.”

Smith menyarankan untuk memproses “ketegangan” yang mungkin muncul di sekitar bulan darah super dengan “cara yang sehat”, apakah itu duduk dengan perasaan Anda atau membagikannya dengan orang yang Anda cintai.

Namun pendapat berbeda disampaikan oleh ahli lainnya.

Hubungan antara perilaku, suasana hati, dan peristiwa dan siklus bulan disebut ‘efek bulan’. Selama berabad-abad, fase bulan telah dikaitkan dengan periode, kematian, epilepsi, politik, pasar saham, penyakit mental, kejahatan dengan kekerasan, angka kelahiran, kesuburan, tidur dan lainnya.

Namun, sebuah studi tahun 2008 dari Universitas Oxford dan Universitas Ludwig Maximilian menyimpulkan bahwa ada sedikit bukti untuk hubungan intrinsik antara perilaku manusia dan siklus bulan.

Nick Davis, Dosen Senior Psikologi di Manchester Metropolitan University, mengatakan kepada Metro.

“‘Tidak ada bukti bahwa fase bulan dapat mempengaruhi manusia secara langsung.”

‘”Ada kemungkinan bahwa orang-orang yang pernah mendengar bahwa gerhana bulan dapat memengaruhi suasana hati atau perilaku mereka mungkin merasa terpengaruh, karena mereka telah menciptakan ekspektasi psikologis.

Ini bukan tentang fisika, ini tentang takhayul klasik. Keadaan planet ini tidak dapat memengaruhi suasana hati atau otak kita secara langsung. ‘

Para ilmuwan menyarankan bahwa satu-satunya cara suasana hati Anda akan terpengaruh oleh gerhana bulan darah malam ini adalah jika Anda yakin, dan kemudian mengalami semacam efek plasebo psikologis. Ini seperti sugesti, saat memikirkan tentang kutu lalu Anda merasa agak gatal.

Mengutip Bustle, selain secara langsung memengaruhi perilaku kita, dikatakan bahwa blood moon juga dapat memengaruhi tidur kita, yang pada gilirannya dapat memengaruhi suasana hati kita. Tidur telah lama dikaitkan dengan siklus bulan, namun, pada 2013, ada studi yang cukup komprehensif yang dilakukan oleh Christopher Cajochen, diterbitkan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, yang menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa bulan benar-benar dapat memengaruhi tidur.

Menurut penelitian Cajochen, malam-malam gelisah partisipannya tampaknya paling buruk saat bulan purnama. Melatonin, hormon yang memberi tahu Anda sudah waktunya untuk tidur, turun drastis sekitar waktu siklus bulan ini.

Yang pasti, gangguan tidur terbukti memengaruhi suasana hati seseorang.

“Ketika kita tidak cukup tidur, kita cenderung menjadi pemarah, mengalami peningkatan kecemasan atau perubahan suasana hati dan ini bahkan dapat memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan Anda,” kata Sarah Watson, konselor profesional berlisensi dan terapis seks.

Editor: Rany P Sinaga
Sumber: CNN