25 radar bogor

Satu Rumah Ambruk Disapu Hujan dan Angin Kencang

Satu Rumah Ambruk Disapu Hujan dan Angin Kencang
Satu Rumah Ambruk Disapu Hujan dan Angin Kencang

BOGOR-RADAR BOGOR, Malang nian nasib Muhamad Rijal. Rumahnya di Kelurahan Gunung Batu terpaksa porak-poranda setelah dihantam hujan lebat berjam-jam.

Rumahnya yang dihuninya seorang diri itu nyaris rata dengan tanah. Atapnya ambruk, sehingga separuh bangunan dari kayu itu rusak parah. Puncak rumah itu tampak terbelah sebagian.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas mengatakan, kondisi rumah ambruk itu memang cukup parah. Penyebabnya hujan yang berlangsung berjam-jam, Senin malam (17/5). Fondasinya yang sudah lapuk tak kuat menahan beban tersebut yang disertai dengan angin kencang.

“Rumah itu memang sudah masuk dalam daftar bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan akan mendapatkan bantuan tahun ini menurut laporan setempat. Cuma ternyata belum cair, sudah keburu ambruk rumahnya,” terangnya kepada Radar Bogor, Selasa (18/5).

Pihaknya pun telah turun untuk melakukan kerja bakti bersama warga dan unsur lingkungan setempat, Selasa (18/5). Theo ikut turun memantau langsung kondisi bangunan tersebut. Sejumlah material dibersihkan dari lokasi ambruknya rumah itu.

“Semoga masyarakat tetap waspada dengan situasi beberapa hari terakhir ini. Karena dari laporan BMKG, kondisi hujan ekstrem berlangsung di Kota Bogor,” paparnya.

Reporter: Imam
Editor: Rany P Sinaga