25 radar bogor

Puluhan Warganya Positif Covid-19, Bima Arya: Tetap Waspada, Pandemi Belum Berakhir

Ilustrasi. Satgas Covid-19 Kota Bogor melakukan Swab Test Antigen warga Perumahan Griya Melati.
Satgas Covid-19 Kota Bogor melakukan Swab Test Antigen warga Perumahan Griya Melati.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satgas Covid-19 langsung bergerak setelah mendapati ada warga Perumahan Griya Melati dan Perumahan Pondok Surya Kencana, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, terpapar Covid-19.

Mereka melaporkan kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya, ada 25 warga yang positif Covid-19.  Berdasarkan hasil tracing, diduga terpaparnya warga di perumahan tersebut karena telah mengikuti kegiatan keagamaan dan ada salah satu anggota keluarga baru pulang dari luar kota sebelum lebaran.

Melalui keterangan tertulisnya, Bima Arya menjelaskan, informasi yang dihimpun di lapangan pada Sabtu (15/5/2021) kader RW Siaga melaporkan kepada Satgas Covid-19 Kota Bogor bahwa ada 7 orang positif Covid-19 dalam dua keluarga dari hasil swab antigen. Kemudian mereka langsung diminta isolasi mandiri.

“Setelah ditracing, warga lain yang kontak erat kemudian dilakukan treatment swab antigen dan didapati total 26 warga terpapar Covid-19,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang diterima radarbogor.id, Selasa (18/5/2021).

Langkah selanjutnya adalah mendata kontak erat. Tercatat ada 70 warga yang sudah dilakukan swab. Sembari menunggu hasil swab, Bima meminta warga untuk isolasi mandiri dan membatasi kegiatan di lingkungan perumahan untuk sterilisasi wilayah.

“Kader RW Siaga di wilayah juga kami instruksikan untuk mendata dan mengirimkan kebutuhan warga yang sedang isolasi mandiri, seperti obat-obatan, vitamin dan logistik lainnya,” terangnya.

Bima mengatakan, Satgas Covid-19 Kota Bogor juga telah koordinasi dengan TNI/Polri, Kelurahan dan RW Siaga untuk membantu pemantauan.

Bagi warga Bogor lainnya yang baru pulang dari luar kota, kami wajibkan untuk melakukan test swab antigen/PCR dan melaporkan hasilnya kepada RW Siaga di wilayah masing-masing. Partisipasi warga, membantu kami dalam perang melawan pandemi. “Tetap waspada. Pandemi belum berakhir,” tandasnya.(*/pin)

Sumber: Humas Pemkot Bogor
Editor: Alpin