25 radar bogor

Preview Chelsea vs Leicester City : Si Biru Mau Balas Dendam

Premier League. (Wikipedia)
Premier League. (Wikipedia)

LONDON-RADAR BOGOR, Chelsea dan Leicester City kembali berduel usai laga sengit di Wembley. Kali ini, mereka akan saling bunuh untuk mengamankan posisi di empat besar Premier League.

Akhir pekan lalu, Chelsea harus mengakui keunggulan The Foxes pada partai puncak FA Cup. Sebuah gol tendangan jarak jauh Youri Tielemans memastikan Leicester menang 1-0 dan memberi mereka trofi pertama Piala FA.

Hasil minor itu menjadi pukulan telak bagi Thomas Tuchel dan skuatnya yang berharap bisa meraih gelar sebelum final Liga Champions. Terlebih lagi itu kekalahan kedua mereka dalam tiga hari setelah sebelumnya The Blues takluk dalam derbi London kontra Arsenal.

Karena itu, kemenangan menjadi satu-satunya pilihan Chelsea di Stamford Bridge, dini hari nanti. Bukan hanya untuk mengakhiri momentum buruk mereka, namun juga demi menjaga harapan finis di empat besar Premier League.

Posisi Chelsea di zona Liga Champions saat ini sama sekali tidak aman. Dengan poin 64, Chelsea yang ada di peringkat keempat klasemen hanya unggul satu angka di atas Liverpool yang akan mengunjungi markas Burnley.

Imbang apalagi kalah di pekan ke-37 Premier League ini akan membuat tim ibu kota itu dalam situasi yang berbahaya. Makanya, Thomas Tuchel dalam pernyataannya di situs resmi The Blues meminta anak asuhnya melupakan kekalahan mereka di final Piala FA.

“Tidak banyak yang bisa dilakukan, kami fokus pada kinerja kami, inilah yang selalu kami lakukan. Sekarang kita akan berbicara tentang apa yang telah kita lakukan dengan baik dan apa yang dapat kita lakukan dengan lebih baik untuk bersiap pada hari Selasa (Rabu),” tegasnya.

Pelatih berpaspor Jerman itu mengingatkan skuatnya bahwa di dalam olahraga, tidak ada tim yang tidak pernah kalah. “Tidak ada satu pun olahragawan di luar sana yang tidak pernah kalah. Sekarang tentang kembali, bangkit kembali, menunjukkan mentalitas lagi dan keyakinan,” jelas Tuchel.

“Kami kehilangan trofi, yang sangat kami sayangkan, tetapi kami memiliki kompetisi lain sekarang, dengan dua final melawan Leicester dan Aston Villa, dan kemudian final lainnya (Liga Champions). Kita punya cukup banyak pekerjaan, kita tidak bisa menyesali kekalahan terlalu lama,” lanjutnya.

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta juga meminta rekan setimnya kembali ke level terbaik mereka pasca kekalahan beruntun pertama The Blues di bawah Tuchel. Menurutnya, semua masih di tangan mereka, namun Chelsea harus bisa menunjukkan performa terbaik.

“Kami tidak berada pada level performa yang kami tunjukkan dalam beberapa minggu terakhir dan terserah kami untuk meningkatkan level kami dan kembali karena kami memiliki tiga pertandingan di depan kami. Tentu saja kami sangat kecewa tetapi kami tidak punya banyak waktu. Kami harus pulih dan pergi lagi pada hari Selasa (Rabu),” kata Azpi.

Lini serang menjadi masalah Chelsea di dua laga terakhir. Makanya, bek Spanyol itu berharap timnya bisa kembali menunjukkan ketajaman. “Kami tidak bisa melepaskan lebih banyak peluang. Kami bisa menjadi lebih baik dan bangkit lagi karena kami memiliki tiga pertandingan penting untuk klub, untuk kami, untuk para penggemar dan kami bertekad untuk menang,” ujarnya.

“Dalam waktu kurang dari tiga hari kami bermain lagi, jadi kami harus pulih. Ini adalah pertandingan besar untuk kualifikasi Liga Champions. Kami berada dalam posisi di mana semuanya ada di tangan kami dan sekaranglah saatnya, minggu terakhir Liga Premier. Kami ingin berada di empat besar dan lolos ke Liga Champions dan kami harus menunjukkannya di lapangan,” tegasnya.

Akan tetapi laga dini hari nanti tidak akan mudah. Selain karena Leicester yang ada di peringkat tiga dengan poin 66 juga membutuhkan tambahan angka untuk mengunci tiket empat besar, The Foxes juga tengah dalam kepercayaan diri tinggi setelah untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka mengangkat trofi FA Cup.

“Kami akan terus maju, terus berkembang sebanyak yang kami bisa dan ada dua pertandingan penting sekarang di liga untuk dinantikan,” kata bomber Leicester, Jamie Vardy di situs resmi klub berjuluk Si Rubah tersebut.

Manajer Leicester, Brendan Rodgers diprediksi akan memainkan gaya yang sama di laga ini. Sang pelatih menegaskan, strategi mereka di Piala FA bisa meredam kehebatan Chelsea. “Ini adalah finalis Liga Champions, jadi Anda tahu mereka top, pemain top. Anda tahu Anda harus menderita. Saya pikir, dalam permainan, kami agresif, tekanan kami bagus,” jelas pria 48 tahun itu di LCFC TV.

Leicester yang tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan tandang terakhir mereka di Premier League kemungkinan besar belum bisa diperkuat James Justin, Harvey Barnes, dan Cengiz Ünder. Jonny Evans yang hanya bermain 34 menit di final sepertinya juga akan menyerahkan posisinya di lini belakang pada Wes Morgan atau Marc Albrighton.

Chelsea sementara itu tidak punya masalah cedera dan sanksi pemain. Namun, Tuchel dipastikan akan melakukan rotasi. Kiper Edouard Mendy, Ben Chilwell, Christian Pulisic, serta Kai Havertz diprediksi akan kembali jadi starter. (amr)

Prakiraan Pemain

Chelsea (3-4-1-2): Mendy; Azpilicueta, Silva, Ruediger; James, Kante, Jorginho, Chilwell; Mount; Pulisic, Havertz

Leicester City (3-4-1-2): Schmeichel; Fofana, Albrighton, Caglar Soyuncu; Castagne, Ndidi, Tielemans, Perez; Maddison; Iheanacho, Vardy

Head to head

15/05/21 Chelsea 0-1 Leicester

19/01/21 Leicester 2-0 Chelsea

28/06/20 Leicester 0-1 Chelsea

01/02/20 Leicester 2-2 Chelsea

18/08/19 Chelsea 1-1 Leicester

Lima pertandingan terakhir Chelsea

01/05/21 Chelsea 2-0 Fulham

05/05/21 Chelsea 2-0 Real Madrid

08/05/21 Manchester City 1-2 Chelsea

12/05/21 Chelsea 0-1 Arsenal

15/05/21 Chelsea 0-1 Leicester

Lima pertandingan terakhir Leicester City

26/04/21 Leicester 2-1 Crystal Palace

30/04/21 Southampton 1-1 Leicester

07/05/21 Leicester 2-4 Newcastle United

11/05/21 Manchester United 1-2 Leicester

15/05/21 Chelsea 0-1 Leicester

Key Players

Chelsea

Top Goals

Mason Mount: 6

Jorginho: 6

Timo Werner: 6

Tammy Abraham: 6

Kurt Zouma: 5

Top Assists

Timo Werner: 8

Mason Mount: 5

Ben Chilwell: 5

Kai Havertz: 3

Hakim Ziyech: 3

Leicester City

Top Goals

Jamie Vardy: 13

Kelechi Iheanacho: 11

Harvey Barnes: 9

James Maddison: 8

Youri Tielemans: 6

Top Assists

Jamie Vardy: 9

James Maddison: 5

Mark Albrighton: 5

Youri Tielemans: 4

Harvey Barnes: 4