Beranda Ekonomi Mengenal Hendi Prio Santoso, Orang Nomor Satu di PT SIG

Mengenal Hendi Prio Santoso, Orang Nomor Satu di PT SIG

Pasar saham belakangan ini semakin meriah saja, karena peminatnya semakin tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya. Dari sekian banyak pemain di bursa saham, nama SIG tentu tidak asing lagi. Sebab, perusahaan BUMN yang dipimpin oleh Hendi Prio Santoso sebagai direktur utama tersebut, pergerakannya bagus.

Siapakah sosok Direktur Utama PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) tersebut? Sehingga namanya ramai diperbincangkan setelah menyabet The Best CEO untuk kategori CEO BUMN Public Company Non Financial Sector pada 2020 lalu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Profil Hendi Prio Santoso Direktur Utama SIG

Pria berusia 54 tahun ini, lahir di Jakarta, tepatnya pada 05 Februari 1967. Di tahun-tahun tersebut, tentu bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan akses pendidikan terbaik. Nyatanya, pria penuh inovasi ini berhasil menamatkan BBA di Amerika Serikat.

Terbukti saat menyelesaikan bachelor degree di University of Houston untuk jurusan Business Administration. Lalu Menempuh jenjang master di di University of Texas. Luar biasa sekali bukan?

Mengingat, kedua universitas ini terkenal akan kompetensinya terhadap jurusan yang dikelola. Sehingga, tidak heran jika alumninya memiliki bekal pengetahuan yang mumpuni untuk satu bidang pekerjaan tertentu. Sama halnya dengan Hendi Prio Santoso yang mampu mengelola bisnis dengan baik sebagai alumni BBA di sana.

Sosok Hendi Prio Santoso semakin bersinar lagi, saat berhasil membawa PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) sebagai The Most Resilient BUMN Public Company Non-Financial Sector dengan aset di bawah 15 triliun rupiah pada tahun 2020.

Hal tersebut bukanlah hal yang mudah, karena di tahun itu pandemic sedang melanda dan keadaan ekonomi tidak stabil. Berkat tangan inovatif miliki pria berusia 54 tahun tersebut, SIG bisa membuktikan bahwa kondisinya baik-baik saja.

Sisi menarik lain adalah Hendi Prio Santoso merupakan sosok peduli lingkungan. Terbukti dari peran aktifnya untuk mengolah sampah menjadi biomassa. Hasilnya pun diserap untuk mengganti kebutuhan bahan bakar batu bara pada di pabrik semen. Sehingga lewat PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk tumpukan sampah diubah menjadi barang bernilai.

Jika menelisik ke belakang, bisa dilihat sudah berbakat sejak muda. Karena dirinya memulai karir di usia yang sangat muda, yaitu pada usia 23 tahun di Bank Niaga. Hingga kemudian namanya semakin bersinar saat di usia 24 tahun sudah menjabat sebagai Vice President di PT. Perdana Multi Finance.

Pernah Menjabat Sebagai Direktur Utama PGAS

Hendi Prio Santoso pun semakin dikenal dan mendapat banyak perhatian karena saat menjabat sebagai Direktur Utama di PGAS atau PT Perusahaan Gas Negara Persero, Tbk pada tahun 2008-2017, dirinya berhasil mencatat laba bersih senilai 5, 93 triliun rupiah di tahun 2011.

Tidak ketinggalan pula, saat mengemban banyak tugas dari pemimpin sebelumnya, di PT Semen Indonesia, Tbk (SIG), Hendi Prio Santoso mampu membawa SIG tidak hanya sebagai pabrik semen, tetapi juga penyedia bahan bangunan dengan diversifikasi yang lebih luas lagi.

Olah kerana itu, bukanlah hal yang aneh jika belakangan ini namanya hangat diperbincangkan publik. Lantaran prestasi-prestasinya yang luar biasa.

Demikianlah profil Hendi Prio Santoso secara singkat. Tidak banyak yang diketahui dari pria kreatif dan visioner tersebut. Hanya saja, prestasi demi prestasi terus dicapainya di setiap tahun, sehingga public pun sangat penasaran dengan dirinya.

Mari nantikan bersama, inovasi dan prestasi apa lagi yang akan ditorehkan oleh sosok luar biasa Hendi Prio Santoso tersebut. Apapun itu, tentu hal yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia. (**/adv/debora)