25 radar bogor

Empat Desa di Cigudeg Diterjang Banjir Bandang, Seperti Ini Kerusakan Rumah Warga

Rumah warga Cigudeg, Kabupaten Bogor, rusak parah akibat diterjang banjir bandang pada Senin (17/5/2021) malam. Septi/Radar Bogor
Rumah warga Cigudeg, Kabupaten Bogor, rusak parah akibat diterjang banjir bandang pada Senin (17/5/2021) malam. Septi/Radar Bogor

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Setidaknya empat desa diterjang Banjir Bandang di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor pada Senin (17/5/2021) malam. Tidak ada korban jiwa, namun beberapa rumah warga dan barang berharga rusak terbawa banjir.

Desa yang mengalami musibah tersebut diantaranya Desa Cintamanik, Renggasjajar, Banyuwangi dan Desa Tegal Lega. Menurut data BPBD Kabupaten Bogor, desa yang terparah terjadi di Desa Rengas Jajar.

“Kampung Kadaung RT 01,02/11, 02/14, 01,02,04/15, 362 KK terdampak banjir dan 10 KK mengungsi di rumah saudaranya,” ujar Sekretaris Dinas BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo kepada Radar Bogor.(18/6/2021)

Menurutnya, bencana disebabkan oleh intensitas yang cukup lama, sehingga mengakibatkan aliran kali Cidangder meluap sehingga membuat tanggulan jebol sepanjang kurang lebih 5,5 meter.

Sementara ketinggian air mencapai 150 cm sehingga menerjang pemukiman warga. Saat ini, Budi menjelaskan, pihaknya masih melakukan penanganan dibantu warga setempat dan mendata apa saja kerugian yang dialami warga.

Dari hasil sementara, selain beberapa rumah rusak, barang elektronik dan juga kendaraan warga ikut terbawa banjir. “Banjir sudah surut, namun masih banyak lumpur,” tandasnya.(cok)

Reporter: Septi Nulawam Harahap
Editor: Alpin