Beranda Internasional Ikuti Lomba Orientering, Prajurit TNI di Lebanon Juara Pertama

Ikuti Lomba Orientering, Prajurit TNI di Lebanon Juara Pertama

Pratu Rendra (kanan) menerima penghargaan dari Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brig Gen Javier Miragaya Prieto di UNP 7-2 Sector East, Minggu (16/5/2021).

BEIRUT-RADAR BOGOR, Personil Satgas Yonmek XIII-O/UNIFIL,  Pratu Rendra meraih prestasi membanggakan Kontingen Garuda Indobatt.

Ia berhasil keluar sebagai juara pertama  pada kompetisi orientering malam pada Sabtu (15/5/2021). 

Penyerahan medali dan piagam penghargaan dilakukan langsung oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brig Gen Javier Miragaya Prieto di UNP 7-2 Sector East, Minggu (16/5/2021).

Torehan prestasi yang dicapai Rendra, yang bertugas di TR Bravo sangat membanggakan Komandan Kontingen Garuda sekaligus Komandan Satgas Batalyon Mekanis XXIII-O/UNIFIL, Kolonel Amril Haris Isya Siregar. 

Sebab sudah membawa nama  kontingen Garuda TNI UNIFIL di salah satu kejuaraan paling bergengsi tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa orienteering adalah satu cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan dan menggunakan peta dan kompas dalam melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain (point to point) di alam bebas dan biasanya, yang merupakan daerah belum dikenali sebelumnya. 

“Normalnya peserta orienteering harus bergerak dengan cepat. Peserta diberi sebuah peta topografi, biasanya peta orienteering yang disiapkan secara khusus dan akan mereka gunakan untuk menemukan titik kontrol (Control Point),” ujar Amril. 

 Kompetisi orienteering diadakan untuk menguji keahlian navigasi, konsentrasi, dan kemampuan lari setiap peserta. “Tingkat kebugaran dan kecepatan adalah hal-hal yang diperlukan agar peserta mampu sukses bersaing di level internasional,” tukasnya. (*/rur)