Beranda Metropolis Pendangkalan Sungai, Kawasan Ciheuleut-Tanah Baru Diterjang Banjir

Pendangkalan Sungai, Kawasan Ciheuleut-Tanah Baru Diterjang Banjir

BANJIR : Tim BPBD Kota Bogor memeriksa lokasi banjir, malam ini.

RADAR BOGOR – Banjir merendam Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Minggu (16/5). Itu setelah Kota Bogor diguyur hujan lebat selama berjam-jam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas membenarkan, banjir melanda kawasan pemukiman penduduk di wilayah Bogor Utara itu. Intensitas hujan yang tinggi membuat air sungai di pemukiman itu meluap.

“Penyebabnya karena ada pendangkalan dan penyempitan alur sungai Ciheuleut ini, sehingga air naik dan masuk ke pemukiman warga,” terangnya, saat memantau langsung situasi banjir itu.

Banjir itu tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi, korban materil dialami penduduk di RT 02, 05, dan 06 di RW 06. Pasalnya, sejumlah barang dan kendaraan terendam selama hujan terus turun.

“Kalau hujan tidak berhenti dalam waktu beberapa jam, air akan terus menggenang. Tapi, karena hujan sudah berhenti, air langsung surut,” paparnya.

Selain itu, banjir lintasan juga melanda Kelurahan Ciparigi dan Tanah Baru di kecamatan yang sama.

Menurut Theo, sejumlah titik di Bogor Utara memang paling rawan terkena banjir lintasan karena sungai yang semakin dangkal dan terjadi penyempitan. (mam/c)