Beranda Bogor Raya Dinkes Kabupaten Bogor Klaim Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Turun

Dinkes Kabupaten Bogor Klaim Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Turun

RADAR BOGOR – Pasca lebaran, keterisian rumah sakit diklaim terus menurun. Hingga hari ini, tinggal 26 persen pasien dari total 28 rumah sakit di Kabupaten Bogor.

Selain itu, vaksinasi tenaga kesehatan sudah mencapai 98 persen. “Kemarin, tempat wisata itu fokus mendata jumlah kunjungan salah satunya Taman Safari Insonesia melalui sistem barcoding, antigen 9, lalu 4 di Gadog,” ujar Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian dan Penyakit Dinkes Kabupaten Bogor, Dedi Syarif.

Menurutnya, data sampling setiap pos rata-rata satu 10 sampai 13 antigen dan hingga kini belum ada yang reaktif.

“Sampai sekarang, masih terus menurun. Indikator salah satunya keterisian rumah sakit itu di 26 persen tempat tidur. Sudah di bawah garis WHO yakni 50 persen,” jelasnya

Prediksi WHO di awal Januari lalu, kata dia, selama liburan tahun baru diprediksi melandai di Mei dan Juni.

“Sejak Maret sampai April untuk rumah sakit kosong ya untuk covid-19. Bahkan, di pusat isolasi di Kemang tinggal 10 dan terakhir beberapa sudah pulang,” tuturnya

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kalau dilihat di kabupaten bogor sudah mulai terkontrol sejak vaksinasi dilakukan untuk tenaga kesehatan maupun guru.

“Kalau nakes sudah 98 persen. Itu berpengaruh juga proses penyebaran virus. Karena, nakes sudah aman yang berobat juga aman,” pungkasnya. (nal/c)