Beranda Olahraga Athletic Bilbao vs Real Madrid : Pekan Penentuan

Athletic Bilbao vs Real Madrid : Pekan Penentuan

Zidane
Zinedine Zidane

RADAR BOGOR – La Liga musim ini memang masih ada dua jornada lagi. Tetapi, bagi Real Madrid (RM), harapan terakhir mereka untuk back-to-back kampiun terletak pada jornada ke-37.

Yakni, saat melawat ke markas Athletic Bilbao (ATH) nanti malam (siaran langsung beIN Sports Xtra pukul 23.30 WIB).

Laga nanti dihelat di Estadio San Mames, Bilbao, kandang ATH. Nah, di waktu yang sama, Atletico Madrid (ATM) yang memimpin klasemen dengan unggul dua poin dari RM (80 poin berbanding 78 poin) di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Osasuna di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid.

Satu-satunya yang bisa menunda pesta juara ATM hingga jornada pemungkas pekan depan adalah tiga poin RM atas ATH.

Sebenarnya, RM diuntungkan rekam jejak impresif ketika tampil di San Mames. Mereka hanya sekali kalah dari sepuluh tandang terakhir.

Tetapi, benefit tersebut menjadi fifty-fifty dengan atmosfer laga wajib menang yang membebani Karim Benzema dkk.

”Kami akan mengerahkan semua yang kami punya (untuk menekan ATM dalam perburuan juara, Red) hingga detik-detik terakhir,” ujar entrenador RM Zinedine Zidane kepada Marca.

Hanya, ambisi Los Merengues mendapat tiga poin nanti malam masih terkendala komposisi lini belakang yang timpang. Setidaknya, ada empat pemain yang sudah pasti absen karena cedera.

Mereka adalah bek sekaligus winger kanan Lucas Vazquez yang cedera ligamen, bek kanan Dani Carvajal (hamstring kiri), bek kiri Ferland Mendy (tulang kering), dan bek tengah Sergio Ramos (hamstring kiri).

Hal itu membuat Zizou –sapaan Zidane¬– bakal kembali memainkan duet bek kanan-kiri tim Castilla Marvin Park dan Miguel Gutierrez.

Dua pemain tersebut sudah dijajal ketika RM mengalahkan Granada CF pada jornada ke-36. Hasilnya, dua pemain yang belum genap berusia 21 tahun itu tampil gemilang.

Keduanya menyumbang masing-masing satu assist bagi kemenangan 4-1 RM. Namun, Zidane diyakini lebih memprioritaskan Alvaro Odriozola atau Marcelo jadi pengganti salah satu dari mereka.

Handicap RM untuk laga nanti bertambah seiring absennya gelandang Toni Kroos. Tetapi, bukan karena cedera. Melainkan, dia harus menjalani karantina mandiri akibat terlibat kontak dengan salah seorang yang memiliki hasil tes positif Covid-19. Meski, hasil tes eks pemain Bayern Muenchen itu negatif.

Tetapi, status RM bukan sekadar ancaman bagi ATM. Posisi dua klub sekota itu bahkan bisa digeser FC Barcelona yang ada di tempat ketiga dengan tertinggal empat poin dari ATM (80 poin berbanding 76 poin).

Malam nanti, Lionel Messi dkk meladeni Celta Vigo di Camp Nou, Barcelona. Sembari berharap dua klub ibu kota atau hanya ATM tersendat tiga poin nanti malam juga bisa menjaga persaingan juara bakal ditentukan pada jornada pemungkas. (io/c13/bas)

—- Line up —

Athletic Bilbao (4-4-2): 1-Simon (g); 18-Marcos, 3-Nunez, 4-Martinez ©, 24-Balenziaga; 12-Berenguer, 14-Garcia, 27-Vencedor, 2-Morcillo; 20-Villalibre, 16-Sancet

Pelatih: Marcelino

Kostum: Merah-putih (kandang) dan hitam (kiper)

===========

Real Madrid (4-3-3): 1-Courtois (g); Odriozola, 3-Militao, 6-Nacho, 35-Gutierrez; 10-Modric, 14-Casemiro, 15-Valverde; 11-Asensio, 9-Benzema, 20-Vinicius

Pelatih: Zinedine Zidane

Kostum: Putih (kandang) dan hijau (kiper)

==========

Wasit: Antonio Mateu Lahoz

Stadion: San Mames, Bilbao

Siaran langsung: beIN Sports Xtra pukul 23.30 WIB