Beranda Ekonomi Pelaku Pasar Harus Patuhi Prokes Agar Ekonomi Cepat Tumbuh

Pelaku Pasar Harus Patuhi Prokes Agar Ekonomi Cepat Tumbuh

Suasana pasar tekstil Tanah Abang, Jakarta, Senin (3/5/2021). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis pemulihan ekonomi nasional dapat berlangsung lebih cepat, khususnya di sektor perdagangan dalam dan luar negeri. Asalkan, semua pihak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

“Seperti arahan Pak Presiden, kuncinya ada pada disiplin dalam menjaga protokol kesehatan,” kata Wamendag Jerry Sambuaga dalam keterangannya, Sabtu (15/5).

Jerry menjabarkan, pihaknya sendiri telah melakukan berbagai upaya memberikan fasilitas untuk mengadaptasi pola-pola interaksi perdagangan dalam era pandemi. Salah satunya, melalui digitalisasi, mendorong perdagangan online, dan melalui diplomasi perdagangan secara virtual.

Selain itu, Kemendag juga terus mengawal perdagangan agar persediaan barang pokok penting dan strategis dalam upaya mengatasi Covid-19 bisa terlaksana dengan baik. Termasuk juga mengawal agar pasokan kebutuhan masyarakat selama Lebaran bisa terpenuhi dengan baik dengan harga yang masih bisa dijangkau masyarakat.

Sebab, terdapat beberapa sektor yang kebutuhannya meningkat tajam pada masa Lebaran antara lain produk makanan, minuman, pakaian dan alas kaki. Selain itu produk-produk untuk kesehatan seperti masker dan sanitizer juga terus diupayakan agar selalu tersedia.

“Intinya kita turut menyambut Lebaran dengan penuh kebahagiaan dengan memberikan dukungan penuh pada sektor perdagangan. Mudah-mudahan Lebaran ini menjadi berkah bagi kita semua, baik dalam sisi kesehatan maupun perdagangan dan ekonomi,” tuturnya.

Jerry menambahkan, saat ini pemerintah tengah berfokus untuk membangkitkan sektor kesehatan dan ekonomi nasional dengan melakukan pembatasan kegiatan sosial dan vaksinasi. Masyarakat diminta bersabar dan mendukung program itu agar Covid-19 dan dampaknya bisa dimitigasi dengan baik.

“Pada kuartal pertama tahun ini ekonomi sudah mulai menunjukkan pemulihan. Trennya sudah bagus. Pemerintah berharap pada semester kedua tahun ini kita sudah bisa tumbuh. Karena itu kita harus mematuhi pembatasan yang ada dan mendukung program vaksinasi,” pungkasnya.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin